Home / Software / Cara Install Xampp

Cara Install Xampp



Pada tutorial ini akan di praktekkan cara instalasi Xampp-win32-1.7.4-VC6-installer.
Download terlebih dulu xamppnya disini
Setelah di download lakukan langkah berikut:
Klik dua kali, jika install di Windows 7 akan ada konfirmasi klik saja “Yes“, maka akan muncul tampilan awal instalasi seperti pada gambar di bawah.
 
Gambar 1


Klik Next,  lalu akan muncul jendela yang mengatur dimana letak XAMPP akan d install dengan klik “Browse” (pilih selain Drive C untuk keamanan backup data).

 

 

Gambar 2

Selanjutnya klik “Next” dan akan tampil pilihan cara Running XAMPP, “jangan centang pilihan pada SERVICE SECTION”
Perbedaan: jika pada pilihan SERVICE SECTION dicentang semua maka ketika komputer dinyalakan Apache, MySQL, Filezilla (XAMPP) akan langsung aktif tanpa dijalankan secara manual (gambar 3). Dan ketika SERVICE SECTION tidak dicentang (kondisi default) maka ketika komputer dinyalakan, server virtual Apache, MySQL, Filezilla (XAMPP) tidak otomatis aktif dan perlu dijalankan secara manual (Gambar 4). Selanjutnya klik “Install” untuk melanjutkan dan tunggu beberapa saat sampai ada jendela berikutnya lalu klik “Finish” (Gambar 5).

 

Gambar 3

 

Gambar 4

 

Gambar 5

Selanjutnya untuk menjalankan service XAMPP, klik tombol “Start” pada Apache dan MySQL, jika berhasil maka akan muncul notification “Running“.

 

Gambar 6

 

Setelah instalasi XAMPP selesai, lalu buka web browser (Mozilla Firefox, Internet Explorer, dll) dan ketik url “localhost” pada url web browser.

 

Gambar 7
 
Selanjutnya muncul halamn XAMPP di halaman browser anda. Selamat anda sudah berhasil menginstal server xampp.

 

Gambar 8

 



About Redaksi

Kirimkan Tulisan anda tentang semua hal yang berkaitan dengan Perpustakaan dalam bentuk Artikel, Berita, Makalah, Lowongan Kerja Pustakawan, Seminar Perpustakaan, atau yang lain yang berkaitan dengan dunia perpustakaan ke email Redaksi : bicaraperpustakaan@gmail.com | Dan Jika ingin jadi bergabung untuk menjadi PENULIS dalam situs ini silahkan mendaftar ke link berikut ini http://bicaraperpustakaan.com/wp-login.php?action=register

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *