Home / Software / Pemasaran dan Promosi Perpustakaan menggunakan CMS Lokomedia part-2

Pemasaran dan Promosi Perpustakaan menggunakan CMS Lokomedia part-2


Posting kali ini adalah kelanjutan dari Pemasaran dan Promosi Perpustakaan menggunakan CMS Lokomedia part-1, setelah kita berhasil melakukan install CMS Lokomedia pada localhost maka yang harus kita lakukan adalah customize content/isi dari website itu sendiri sesuai dengan kebutuhan perpustakaan masing-masing, jadi jika pada customize ini dirasa ada yang kurang maka silahkan ditambah sendiri. oke brayy, sruput dulu kopinyaa..

Website CMS Lokomedia terbagi menjadi dua muka, bagian pengguna dan bagian administrator. Tampilan di bagian pengguna bisa di kelola dari bagian administrator, semua bisa kita kelola sesuai dengan kebutuhan website kita. Untuk masuk ke muka administrator ketik dibagian alamat “localhost/lokomedia/adminweb”, kita akan dibawa ke halaman administrator.


 

Pada halaman admin terdapat beberapa menu dan sub menu penting, di antaranya:
a. Home
b. Setting Web:
    • Manajemen Modul
    • Identitas Web
    • Manajemen User
    • Manajemen Template
c. Setting Menu:
    • Menu Utama
    • Sub Menu
d. Manajemen Berita:
    • Kategori Berita
    • Berita
    • Komentar
    • Halaman Statis
    • Tag / Label
    • Sensor Kata
e. Hubungi Kami
f. Interaksi:
   • Agenda
   • Poling
   • Sekilas Info
   • ShoutBox
g. Media:
    • Album
    • Galeri Foto
    • Download
h. Banner
i.  Logout

Dari menu-menu di atas akan dibahas satu persatu.A. HOME
Adalah menu utama halaman admin yang memberikan kata sambutan kepada admin dan menyediakan shortcut penting menuju menu lainnya.

B. SETTING WEB

  • MANAJEMEN MODUL

Menu ini digunakan untuk menambah modul atau menonaktifkan modul. Direkomendasikan untuk mengetahui bahasa pemprograman dalam penambahan modul, atau mempelajari dari forum.bukulomedia.com. disana di pelajari lebih luas mengenai managemen modul.

  • IDENTITAS WEBSITE

Menu ini digunakan identitas website, perhatikan gambar dibawah ini:



Keterangan Gambar :

  • Nama Website: adalah title yang berada pada tab website.
  • Meta Deskripsi : adalah deskripsi yang dibaca oleh pesin pencari dan menampilkannya di index pencarian.
  • Meta Keyword : adalah kata kunci yang digunakan agar mesin pencari cepat menemukan website sehingga berada di index mesin pencari.
  • Gambar Favicon : adalah gambar yang tampil di tab browser.
  • Ganti Favicon : pilihan untuk mengganti gambar favicon. Jenis file gambar harus .ico (gambar icon). Jenis gambar ini bisa dibuat dengan coreldraw atau dengan photoshop.

Klik update utuk menyelesaikan editor Identitas Website.

  • MANAJEMEN USER

Pada menu ini admin dapat mengedit dan menambah pengguna yang di perbolehkan masuk ke halaman administrator. Untuk mengedit cukup klik pada Aksi Edit, selanjutnya tampil menu editor.


Bisa dilihat pada gambar di atas beberapa opsi yang disediakan Editor User. Username tidak bisa di edit, sedankan opsi lainya bisa. Pilihan Blokir memberikan pilihan apakah user tersebut diperbolehkan masuk atau tidak. Selanjutnya klik “Update” untuk mengakhiri dan menyimpan hasil edit. Klik batal untuk membatalkan edit.
Untuk menambah user klik pada tombol “Tambah User”.
Catatan : User yang sudah ditambahkan ke menu user tidak bisa di hapus melalui browser, penghapusan user hanya bisa dilakukan melalui database.

  • MANAJEMEN TEMPLATE

Template adalah tampilan website, template bisa kita pilih dari yang sudah disediakan lokomedia dengan cara klik “Aktif” pada kolom Aksi dan template yang kita inginkan akan aktif sebagai tampilan website.


Template juga bisa kita download dari pengembang template lokomedia. Untuk menambah template, extract file template yang sudah di download, selanjutnya buka jendela Explorer, copy file template ke D:/xampp/htdocs/lokomedia/template/
Masuk ke halaman administrator website, klik Tambah Templates.


Nama Templates di isi dengan nama template sesuai keinginan. Isi kolom pembuat dengan nama pembuat template, kolom Folder di isi dengan alamat “template/nama_template”, klik Simpan.
Klik Aksi Aktifkan pada tabel template. Sekarang template yang kita pasang akan aktif sebagai tampilan website.


C. SETTING MENU

  • MENU UTAMA

Fasilitas menu utama digunakan untuk menambah menu utama seperti menu Profile, Download, Hubungi Kami dan lain sebagainya. Untuk menambah menu utama klik tombol “Tambah Menu Utama” selanjutnya dibawa ke menu Tambah Menu Utama.


Isi kolom Nama Menu dengan nama menu yang akan ditampilkan di menu utama, sedangkan pada Link di isi dengan alamat link. Jika akan di tampilkan pada menu berita maka penulisannya seperti “semua-nama_menu.html”, jika halaman berasal dari halaman statis maka penulisan linknya seperti “statis-kode-nama_menu.html” (perhatikan pada link menu profil).
Untuk menyimpan klik Simpan.

 

  • SUB MENU (Di bahas setelah sub menu “KATEGORI BERITA”)

Fasilitas sub menu merupakan penambahan menu cabang dari menu utama. Semua menu utama dapat diberi cabang menu (sub menu). Pada penambahan sub menu ini yang harus diperhatikan adalah “ID kategori” yang akan di bahas pada submenu “Kategori Berita”.
Perhatikan pada gambar di bawah ini.


Pada Sub Menu nomor 4, yakni sub menu Hiburan, memiliki link submenu kategori-23-hiburan.html, menerangkan bahwa submenu hiburan berada pada kategori dengan ID=23, hiburan.html adalah nama submenu yang nantinya tampil pada alamat link (lihat pada bahasan “Kategori Berita”).
Untuk menambah submenu klik tombol Tambah Sub Menu. Selanjutnya di hadapkan pada menu Tambah Sub Menu. Sebagai contoh kita akan buat submenu Prodistik.



Pada kolom Sub Menu isi dengan nama Prodistik, pilih menu utama Berita, ketik link sub menu berikut “kategori-24-prodistik.html”. selanjutnya lihat pada submenu prodistik ketika di klik pada halam website.


Jika diperhatikan pada kolom alamat link, tampak link prodistik adalah http://localhost/lokomedia/kategori-23-prodistik.html jika di website terkoneksi ke internet maka tampil link http://ww.duapah.com/kategori-23-prodistik.html.

D. MANAJEMEN BERITA

  • KATEGORI BERITA

Adalah menu untuk menambahkan kategori. Kategori berkaitan dengan submenu pada menu berita. Kategori yang telah di buat tidak bisa dihapus, namun bisa dinonaktifkan. Kategori yang telah dibuat memiliki ID yang nantinya digunakan untuk menandai link pada sub menu. Untuk mengedit kategori klik Edit.
Lihat gambar di bawah ini:


Gambar di atas menunjukkan kategori Hiburan di edit. Selanjutnya perhatikan pada kotak alamat link, disana terdapat id=23 http://localhost/lokomedia/adminweb/media.php? module=kategori&act;=editkategori&id;=23) ini menunjukkan ID dari kategori Hiburan adalah 23, ID ini akan di pakai nanti ketika pembuatan sub menu. Klik Update untuk menyimpan dan klik Batal jika tidak ingin menyimpan. Jika ingin menambah kategori baru maka pilih “Tambah Kategori”, misal kita tambah kategori Prodistik lalu pilih Simpan.

 

  • BERITA

Adalah menu untuk menambah, mengedit dan menghapus berita. Pada menu Berita terdapat pencarian yang digunakan untuk mencari berita yang telah di simpan, ada tombol untuk menambah berita dan tabel dari berita yang telah disimpan. Untuk menambah berita klik pada tombol “Tambah Berita” selanjutnya dibawa ke menu tambah berita, lihat gambar.


Pada kolom judul isikan judul berita, selanjutnya pilih Kategori berita pada kolom Kategori, pada kolom isi berita terdapat fasilitas editor pengolah kata mirip MS. Word, dengan fasilitas ini kita dapat menulis, menentukan font, ukuran font dan memasukkan gambar sebagai isi berita. isi gambar yang sesuai dengan berita dengan mengklik Browse (Telusuri) pada kolom Gambar. Pilih Tag sesuai dengan berita yang terkait agar mesin pencari dapat dengan mudah menelusuri.
Bagian terakhir adalah klik Simpan untuk menyimpannya dan klik Batal untuk membatalkan.
Jika berita yang disimpan sudah terlalu banyak, pilih Aksi Delete untuk menghapus, dan pilih Aksi Edit untuk mengedit berita yang di anggap kurang sempurna.

  • HALAMAN STATIS

Fasilitas ini memungkinkan kita membuat halaman statis (halaman yang tetap). Halaman statis tidak berubah kecuali di edit. Sebagai contoh yang menggunakan halaman statis adalah halaman profil. Pembuatan halaman statis juga memiliki code (id) yang nanti di gunakan sebagai ID link pada penggunaan di menu utama atau submenu utama. Perhatikan gambar di bawah ini.


Dari tabel tersebut bias dilihat bahwa halaman statis Profil mempunyai ID=1, sehingga pada penulisan di menu utama profil link ditulis statis-1-profil.html, dan menunjukkan halaman profil merupakan halaman statis dengan ID=1.

  • TAG / LABEL

    Tag atau label digunakan untuk memberikan pemilahan berita sehingga berita akan di index sesuai dengan label yang sama. Fungsi tag juga sebagai mesin agar pencari lebih mudah mencari berita dan menampilkannya di tabel pencarian.
    Lihat pada kolom Tag / label pada halaman Tambah Berita. Untuk menambah tag cukup klik tombol Tambah Tag, isi pada kolom Nama Tag sesuai kebutuhan, selanjutnya klik Simpan. Pilih Aksi Edit untuk mengedit nama Tag, dan pilih Aksi Delete untuk menghapus tag.
    Menu ini digunakan untuk melihat komentar dari pengunjung website, apabila komentar yang di berikan tidak baik, maka admin bisa menghapus atau mengeditnya. Pilih Aksi Edit untuk mengedit komentar atau pilih Aksi Delete untuk menghapusnya.

  • SENSOR KATA

Adalah fasilitas untuk memblokir kata-kata jelek yang di tulis pada website oleh pengunjung. Untuk memasukan kata-kata jelek yang akan di blok oleh web klik pada Tambah Kata Jelek.


Pada kolom Kata Jelek isi dengan kata jelek, dan pada kolom Ganti isi dengan pengganti kata jelek bersangkutan. Klik Simpan.

E. HUBUNGI KAMI
Menu Hubungi Kami adalah fasilitas yang disediakan sebagai sarana kritik dan saran atau untuk meminta informasi seorang pengunjung website kepada pemilik website. Di menu Hubungi Kami yang ada di halam administrator, seorang admin dapat melihat pesan masuk dari pengunjung web dan membalasnya.


Untuk membalas pesan masuk klik email pada kolom email, maka akan dibawa ke halaman Reply Email.


Admin cukup mengisi balasan pada kolom Pesan, selanjutnya klik Kirim. Email akan dikirim ke alamat email user bersangkutan.

F. INTERAKSI

  • AGENDA

Merupakan menu untuk memberikan informasi agenda kerja perusahaan atau instansi terkait. Untuk menambah agenda klik tombol Tambah Agenda, pada menu Tambah Agenda isi kolom-kolom yang tersedia.


•    Tema        : Tema dari kegiatan yang akan dilaksanakan
•    Tempat     : Tempat dimana pelaksanaan kegiatan
•    Pukul        : Jam mulai kegiatan
•    Tgl Mulai    : Tanggal mulai kegiatan
•    Tgl Selesai : Tanggal selesai kegiatan
•    Pengirim    : di isi dengan pengirim berita
Klik simpan untuk mengakhiri.

•    POLING
    Adalah kolom voting (poling) yang di sediakan di halaman web, penggunaannya tergantung dari pemilik web. Terdapat kolom pertanyaan untuk menampilkan pertanyaan dan kolom jawaban untuk memberikan pilihan jawaban dari pertanyaan. Hasil poling bisa di lihat di halaman web berbentuk grafik.

 


Ketik isi pilihan yang akan di tampilkan di kolom poling, pilih kolom Status apakah sebagai Jawaban atau Pertanyaan, pada kolom Aktif pilih Y atau N untuk menampilkan atau tidak menampilkan. Klik simpan.

•    SEKILAS INFO
    Adalah fasilitas untuk memberikan informasi pendek kepada pengunjung website. Klik pada Tambah Sekilas Info selanjutnya dibawa kehalaman Tambah Sekilas Info.

 


Pada kolom Info ketikan informasi yang akan di tampilkan pada kolom sekilas info, klik Telusuri untuk memberikan gambar yang berhubungan dengan info yang di tulis. Klik Simpan.

•    SHOUTBOX
    Adalah fasilitas chat user dengan user yang lain, mirip dengan chat di facebook. Fasilitas ini nonaktif di lokomedia terbaru, namun bisa di aktifkan dengan asumsi bisa menguasai bahasa pemprograman web.

G. MEDIA
•    ALBUM
Adalah fasilitas untuk mengkategorikan gambar pada menu Galeri Foto. Judul album tidak bisa di hapus tetapi bisa di nonaktifkan. Klik Tambah Album untuk menambah Album.

 


Isi Judul Album sesuai dengan kebutuhan, klik Telusuri untuk mengambil gambar sebagai penanda album, gambar harus berukuran kecil dan berjenis JPEG, selanjutnya klik Simpan.

•    GALERI FOTO
    Adalah fasilitas untuk menyimpan foto yang berkaitan dengan aktivitas website. Klik “Tambah Galeri Foto” untuk menambah foto galeri.


Isi Judul Foto sesuai dengan fota kegitan, pilih Album dari Album yang telah dibuat sebelumnya, isi keterangan mengenai foto, klik Telusuri untuk memanggil foto dari komputer, jenis file harus JPEG. Klik Simpan.

•     DOWNLOAD
    Menu download adalah menu yang disediakan untuk menyimpan file yang berkaitan dengan website dan bisa di download oleh pengunjung website.
Klik tombol Tambah Download untuk menambah isi file halaman download, klik Edit untuk mengedit isi file dari halaman download atau klik Delete untuk menghapus file.


Pada halaman Tambah Download, isi kolom Judul dengan nama file, klik Telusuri untuk mengunggah (upload) file, selanjutnya klik simpan.

H. BANNER
Adalah menu yang fungsinya untuk menambah, edit atau menghapus gambar banner yang di tampilkan di halaman website. Banner bisa berupa sponsor, atau partner dari website. Klik “Tambah Banner” untuk menambah banner.


Kolom judul di isi dengan nama banner, selanjutnya url di isi dengan alamat website dari banner tersebut, kolom gambar adalah kolom untuk memasukkan gambar banner. Klik Browse (Telusuri) untuk mengambil gambar dari komputer, selanjutnya klik Simpan.

I. LOGOUT 
Menu untuk keluar dari halaman administrator

Pemasaran dan Promosi Perpustakaan menggunakan CMS Lokomedia part-2


About Redaksi

Kirimkan Tulisan anda tentang semua hal yang berkaitan dengan Perpustakaan dalam bentuk Artikel, Berita, Makalah, Lowongan Kerja Pustakawan, Seminar Perpustakaan, atau yang lain yang berkaitan dengan dunia perpustakaan ke email Redaksi : bicaraperpustakaan@gmail.com | Dan Jika ingin jadi bergabung untuk menjadi PENULIS dalam situs ini silahkan mendaftar ke link berikut ini http://bicaraperpustakaan.com/wp-login.php?action=register

2 comments

  1. Terimakasih gan artikelnya..ijin nyimak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *