Home / Software / Pemasaran dan Promosi Perpustakaan menggunakan CMS Lokomedia part-1

Pemasaran dan Promosi Perpustakaan menggunakan CMS Lokomedia part-1


Salah satu langkah agar perpustakaan dikenal luas oleh masyarakat/pemustaka adalah melakukan kegiatan promosi perpustakaan. Promosi dapat dilakukan dalam berbagai hal, salah satunya adalah melalui website. Langkah promosi bertujuan untuk memberikan berbagai informasi berita tentang perpustakaan itu sendiri, baik itu informasi koleksi apa saja yang dimiliki, peraturan/tata tertib, cara menjadi anggota, maupun bagaimana cara memanfaatkan informasi yang ada di perpustakaan.

Dalam melakukan promosi melalui website dapat dilakukan menggunakan berbagai aplikasi website yang sekarang dapat di unduh gratis di internet, tentunya harus dilakukan customize terlebih dahulu sesuai dengan kebutuhan. Sebagai contoh saya akan memberikan tutorial bagaimana melakukan instalasi CMS LOKOMEDIA pada localhost terlebih dahulu sebelum melakukan upload pada hosting.

Sebelum melakukan install CMS Lokomedia maka diperlukan server virtual Apache dan MySQL, bagi anda yang belum menginstall server virtual tersebut, lakukan langkah ini terlebih dahulu disini
 
Setelah langkah diatas dilakukan, lakukan langkah berikut:
Download dulu file  lokomedia-1.6.1.zip
Langkah pertama perhatikan Xampp yang kita install berada di Drive mana, misalkan kita letakkan di Drive (D:), maka yang harus dilakukan adalah pilih file lokomedia-1.6.1 lalu extract file tersebut pada folder D:/xampp/htdocs/letakkan file disini.
Setelah selesai melakukan extract maka akan muncul folder lokomedia di dalam htdocs.

 

 
Tahap berikutnya, buat database lokomedia. Buka browser kemudian di bagian alamat ketik “localhost”, kemudian perhatikan di bagian samping kiri browser, pilih dan klik “PhpMyAdmin”.

 

 

Selanjutnya akan dibawa ke halaman phpMyAdmin. Dan disinilah kita buat database lokomedia. Perhatikan pada bagian tengah browser, pilih pada bagian MySQL Localhost, ketik “dblokomedia” pada kotak Create new database, selanjutnya klik Create (Ciptakan).
 

 

loading...
Database telah kita buat, selanjutnya input tabel database dari lokomedia. Klik database dblokomedia yang telah kita buat sebelumnya pada menubar kiri, klik menu “Import” yang ada dibagian atas tengah, akan dibawa ke halaman import, pada bagian File To Import klik Browse (Telusuri).
 

 

Pada jendela Upload File (Unggah Berkas) pilih dblokomedia.sql yang terletak pada folder D:/xampp/htdocs/, selanjutnya klik Open. Selanjutnya klik GO di bagian kanan bawah.
 

 

Akan tampil urutan tabel isi dari database yang telah kita import tadi, sampai disini instalasi lokomedia sudah selesai.
 
 
Selanjutnya buka Tab baru pada browser dan ketik “localhost/lokomedia”. Jika proses instalasi benar, sesuai tutorial di atas maka akan di tampilkan website cms lokomedia yang nantinya bisa kita kelola.
 

 

Selamat instalasi CMS Lokomedia sudah sukses dilakukan. Tinggalkan komentar jika ada yang kurang jelas.

Setelah langkah di atas sudah dilakukan maka lanjutkan langkah Pemasaran dan Promosi Perpustakaan menggunakan CMS Lokomedia part-2


About Redaksi

Kirimkan Tulisan anda tentang semua hal yang berkaitan dengan Perpustakaan dalam bentuk Artikel, Berita, Makalah, Lowongan Kerja Pustakawan, Seminar Perpustakaan, atau yang lain yang berkaitan dengan dunia perpustakaan ke email Redaksi : bicaraperpustakaan@gmail.com | Dan Jika ingin jadi bergabung untuk menjadi PENULIS dalam situs ini silahkan mendaftar ke link berikut ini http://bicaraperpustakaan.com/wp-login.php?action=register

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

loading...