Home / SLiMS / Penambahan Keterangan Bebas Pustaka (Blokir) pada Menu Keanggotaan SLiMS7-CENDANA

Penambahan Keterangan Bebas Pustaka (Blokir) pada Menu Keanggotaan SLiMS7-CENDANA


Sebelum menambahkan keterangan Bebas Pustaka pada menu keanggotaan ada baiknya kalau terlebih dahulu memasang plugin Bebas Pustaka. Setelah selesai pemasangan plugin tersebut, sekarang tinggal menambahkan keterangan Bebas Pustakanya.

Saya jelaskan terlebih dahulu fungsi pemasangan keterangan Bebas Pustaka ini, dengan asumsi bahwa setiap anggota perpustakaan (siswa/mahasiswa) melakukan atau meminta Surat Keterangan Bebas Pustaka secara mandiri, jadi setiap ada anggota yang akan mengajukan Surat Keterangan Bebas Pustaka maka petugas secara manual memberi centang pada keterangan sudah Bebas Pustaka agar ketika Kartu Anggota yang digunakan untuk transaksi peminjaman sudah tidak bisa di pakai lagi.
Dengan demikian ketika anggota perpustakaan sudah melakukan Bebas Pustaka maka dia sudah tidak bisa lagi meminjam koleksi perpustakaan. Hal ini cocok untuk diterapkan dimana pengajuan Surat Keterangan Bebas Pustaka dilakukan secara mandiri, bukan secara kolektif secara bersamaan, contoh misal seperti saya dulu pernah bekerja di sebuah Madrasah Aliyah yang mana saya mengeluarkan Surat Keterangan Bebas Pustaka ketika semua siswa kelas XII yang mau lulus sudah mengembalikan buku semua, baru saya membagikan Surat Keterangan Bebas Pustaka pada tiap-tiap kelas.
Sebelum kita memulai langkah menambahkan keterangan Bebas Pustaka akan saya analogikan terlebih dahulu bagaimana alur pemberian Surat Keterangan Bebas Pustaka:

  1. Periksa terlebih dahulu Anggota tersebut masih mempunyai pinjaman buku atau tidak melalui menu Sirkulasi.
  2. Ketika Anggota masih mempunyai pinjaman buku maka harus dikembalikan terlebih dahulu bukunya dan jika ada denda maka harus dilunasi terlebih dahulu.
  3. Jika sudah tidak mempunyai tanggungan pinjaman buku maka bisa langsung Cetak Surat Keterangan Bebas Pustaka pada Menu Keanggotaan, jika masih belum terinstall pluginnya silahkan cek Cara instalasi Form Bebas Pustaka.
  4. Setelah selesai cetak selanjutnya Sunting/Edit data anggota tersebut dan beri tanda “centang” pada keterangan Bebas Pustaka yang akan kita tambahkan nanti.
  5. Selesai.
Tutorial kali ini akan dijelaskan secara detail, sambil belajar juga sayanya soalnya sebenarnya ini cuma copy paste dari script bawaan slims yang sudah ada.. hehee, maap yaa Mas Hendro, Mas Ari dkk..
Cekibrot kita mulai langkah-langkahnya:
 
1. Masuk dulu ke “localhost/phpmyadmin”, buat Field baru pada tabel “member” di dalam database slims, yang kita buat sama persis dengan Field “is_pending” yang berfungsi untuk keterangan Tunda Keanggotaan. Buatlah “is_freeonloan” tepat di bawah “is_pending”, caranya lihat di bawah tabel member ada tulisan “Menambahkan 1 Field, lalu pilih yang sisipkan setelah is_pending”, lebih jelasnya lihat gambar di bawah yak

 
 

 

 
 
2. Tambahkan script ini “$data[‘is_freeonloan’] = isset($_POST[‘isFreeonloan’])? intval($_POST[‘isFreeonloan’]) : ‘0’;” dibawah “is_pending” (baris 149) pada file “index.php” yang terletak pada “xampp/htdocs/slims7_cendana/admin/modules/membership/index.php”. Script ini hanya copy paste dari script “is_pending” yang ada di atasnya. hehee.. perhatikan gambar berikut:
 
 
3. Masih pada file “index.php“, tambahkan script ini:
        // member is_free on loan
        $form->addCheckBox(‘isFreeonloan’, __(‘Bebas Pustaka’), array( array(‘1’, __(‘Yes’)) ), $rec_d[‘is_freeonloan’]);
   
    letakkan tepat dibawah “// member is_pending” (baris 476). Kode ini juga sama dengan “is_pending” yang ada di atasnya. 
 

4. Tambahkan script ini 
} else if ($add == LOAN_NOT_PERMITTED_FREEONLOAN) {
        echo ‘‘;

letakkan tepat dibawah ” } else if ($add == LOAN_NOT_PERMITTED_PENDING) { ” (baris 192). Kode ini juga sama dengan “LOAN_NOT_PERMITTED_PENDING” yang ada di atasnya. 


5. Tambahkan script ini 
     // check if membership is blacklisted 
$_SESSION[‘is_freeonloan’] = $member->isFreeonloan(); 

 letakkan tepat dibawah ” $_SESSION[‘is_pending’] = $member->isPending(); ” (baris 449). Kode ini juga sama dengan “is_pending” yang ada di atasnya. 


6. Tambahkan script ini: 
 // member notes and free on loan information 
 if (!empty($member->member_notes) OR $_SESSION[‘is_freeonloan’]) { echo ‘
‘.”n”; echo ‘Notes‘; if ($member->member_notes) { echo ‘

‘.$member->member_notes.’

‘; 

 

 


 } 
 if ($_SESSION[‘is_freeonloan’]) { echo ‘

(‘.__(‘Keanggotaan sudah BEBAS Pustaka, transaksi peminjaman tidak bisa dilakukan.’).’)

‘;


 } 
 echo ”; 
 echo ”.”n”; 
 } 
 echo ”.”n”; 

letakkan tepat dibawah ” // member notes and pending information ” (baris 508). Kode ini juga sama dengan “// member notes and pending information” yang ada di atasnya. 


7. Tambahkan kode berikut pada file “member_base_lib.inc.php” yang terletak pada “xampp/htdocs/slims7_cendana/admin/modules/membership/member_base_lib.inc.php”:

– Letakkan kode berikut dibawah “protected “$is_pending = true;” (baris 38)
protected $is_freeonloan = true;

– Letakkan kode berikut dibawah “$this->is_pending = (bool)$_member_d[‘is_pending’];” (baris 68)
$this->is_freeonloan = (bool)$_member_d[‘is_freeonloan’];


– Letakkan kode berikut dibawah “# checking wether membership is pending” (baris 108)
# checking wether membership is freeonloan
# return : boolean
public function isFreeonloan()
{
        return $this->is_freeonloan;
}


8. Selesai. Sekarang lakukan tes dan lihat apakah di dalam menu keanggotaan sudah muncul submenu pilihan “Bebas Pustaka” dibawah “Tunda Keanggotaan”, lihat gambar berikut:


Jika sudah ada maka langkah-langkah yang dilakukan diatas sudah benar dan jika belum ada maka periksa kembali langkah-langkahnya.
– Masuk ke menu Keanggotaan dan pilih salah satu anggota untuk percobaan lalu klik “SUNTING / EDIT” dan beri tanda centang pada pilhan “Bebas Pustaka” setelah itu klik “PERBAHARUI”, lihat gambar:


– Masuk ke menu Sirkulasi dan masukkan ID Anggota yang sudah anda edit tadi, jika sudah benar maka akan muncul pesan berikut pada Notes Sirkulasi “(Keanggotaan sudah BEBAS Pustaka, transaksi peminjaman tidak bisa dilakukan.)”, lihat gambar berikut:


– Coba lakukan transaksi peminjaman, jika sudah benar maka transaksi peminjaman tidak dapat dilakukan dan akan muncul pesan seperti gambar dibawah ini:


– Jika benar langkah-langkah yang dilakukan maka hasilnya akan sama dengan tutorial ini.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Bicara Perpustakaan

Penambahan Keterangan Bebas Pustaka (Blokir) pada Menu Keanggotaan SLiMS7-CENDANA


About Redaksi

Kirimkan Tulisan anda tentang semua hal yang berkaitan dengan Perpustakaan dalam bentuk Artikel, Berita, Makalah, Lowongan Kerja Pustakawan, Seminar Perpustakaan, atau yang lain yang berkaitan dengan dunia perpustakaan ke email Redaksi : bicaraperpustakaan@gmail.com | Dan Jika ingin jadi bergabung untuk menjadi PENULIS dalam situs ini silahkan mendaftar ke link berikut ini http://bicaraperpustakaan.com/wp-login.php?action=register

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *