Home / Artikel / Prosedur Pengadaan Bahan Pustaka di Perpustakaan

Prosedur Pengadaan Bahan Pustaka di Perpustakaan

loading...

Bicara Perpustakaan – Prosedur ini untuk menjelaskan tata-cara pengadaan bahan pustaka di Perpustakaan. Pengadaan bahan pustaka merupakan hal yang mutlak dilakukan oleh sebuah perpustakaan dalam hal menambah jumlah koleksi yang dibutuhkan sebuah perpustakaan. Pengertian dari pengadaan bahan pustaka adalah kegiatan pengelolaan perpustakaan yang terdevinisi dalam mendeteksi koleksi pustaka apa saja yang sedang dibutuhkan oleh berbagai pemustaka yang menjadi user sebuah perpustakaan. Kegiatan mendeteksi sendiri itu sendiri dapat didevinisikan menjadi menerima usulan buku dari pemustaka, inventarisasi / merekap secara berkala daftar usulan buku, pengajuan kepada kepala perpustakaan, pencarian informasi tentang koleksi, penetapan akhir koleksi yang akan dibeli, setelah itu baru pengadaan bahan pustaka. Untuk lebih lengkapnya tentang uraian proses prosedur pengadaan bahan pustaka adalah sebagai berikut:

  1. Pengajuan Usul Bahan PustakaGuru / Dosen atau Staff / Karyawan yang dalam kapasitas tugasnya dapat mengajukan usul pengadaan pustaka dengan mengisi Blangko Usulan Bahan Pustaka yang telah disediakan dan diketahui oleh Kepala Madrasah / Pimpinan. Usulan dapat juga berasal dari pihak luar ( misal : Agen, Penerbit, Percetakan, dsb ), dalam bentuk penawaran atau daftar katalog.Dilaksanakan oleh Guru/Dosen, Staff/ Karyawan, dan Pihak ketiga.
  2. InventarisasiMinimal setiap 1 (satu) kali setiap semester pustakawan membuat inventarisasi atas semua usulan bahan pustaka yang telah masuk.Dilaksanakan oleh Pustakawan. 
  3. PertimbanganKepala Perpustakaan mempertimbangkan atas semua usulan yang masuk, terutama dengan memperhitungkan faktor-faktor : alokasi anggaran, relevansi penggunaan dan faktor lain yang dianggap perlu menjadi pertimbangan.Dilaksanakan oleh Kepala Perpustakaan.
  4. Pencarian InformasiBahan-bahan pustaka yang telah disetujui, selanjutnya ditelusuri dengan mencari informasi melalui, penerbit/ percetakan, agen, toko buku maupun pihak-pihak lain yang dianggap tahu. Informasi dimaksud terutama menyangkut bentuk fisik, harga, tata cara pengadaan dan syarat-syarat lainnya.Dilaksanakan oleh Pustakawan.
  5. PenetapanAtas dasar informasi yang ada ( butir 4 ) di atas, Kepala Perpustakaan menetapkan bahan pustaka yang terpilih untuk dilaksanakan pengadaannya dengan persetujuan Kepala Madrasah / Pimpinan.Dilaksanakan oleh Kepala perpustakaan.
  6. PengadaanPetugas Perpustakaan yang ditunjuk melaksanakan pengadaan pustaka dengan cara membeli, meminjam dan/ atau memfotokopi bila perlu dan diijinkan.Dilaksanakan oleh Pustakawan.
  7. Penomoran Pustaka / Pengolahan Bahan PustakaSemua bahan pustaka yang telah didapatkan dilanjutkan proses pengolahan sesuai dengan prosedur pengolahan bahan pustaka.Dilaksanakan oleh Pustakawan.
  8. PertanggungjawabanSecara periodik, Kepala Perpustakaan menyusun laporan pertanggung jawaban atas penggunaan dana dan melaporkannya kepada Kepala Madrasah / Pimpinan.Dilaksanakan oleh Kepala perpustakaan.
  9. Selesai
  10. Diagram Alir

pengadaan bahan pustaka


About Redaksi

Kirimkan Tulisan anda tentang semua hal yang berkaitan dengan Perpustakaan dalam bentuk Artikel, Berita, Makalah, Lowongan Kerja Pustakawan, Seminar Perpustakaan, atau yang lain yang berkaitan dengan dunia perpustakaan ke email Redaksi : bicaraperpustakaan@gmail.com | Dan Jika ingin jadi bergabung untuk menjadi PENULIS dalam situs ini silahkan mendaftar ke link berikut ini http://bicaraperpustakaan.com/wp-login.php?action=register

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

loading...