Home / Artikel / Tips Mengawali Karir Sebagai Pustakawan

Tips Mengawali Karir Sebagai Pustakawan


librarianPustakawan ialah seseorang yang bekerja di perpustakaan dan membantu orang menemukan sumber informasi seperti koleksi buku, majalah, dan informasi-informasi lain yang dibutuhkan pemustaka. Pada awal tahun 2000-an, pustakawan juga mulai membantu orang menemukan informasi menggunakan komputer, basis data elektronik, dan peralatan pencarian di internet. Terdapat berbagai jenis pustakawan, antara lain pustakawan anak, remaja, dewasa, sejarah, hukum, dsb. Pustakawan wanita disebut sebagai pustakawati.

loading...

Sedangkan pendidikan untuk menjadi seorang pustakawan adalah seseorang perlu menempuh pendidikan ilmu perpustakaan mulai dari D2 (Diploma 2) sampai dengan S2 (Strata 2). Adapun sekarang dari Perpustakaan Nasional sudah mencanangkan Diklat Teknis Pengelolaan Perpustakaan yang mana berfungsi kepada seseorang yang sudah bertugas di perpustakaan namun tidak mempunyai Ijasah ilmu perpustakaan dapat mengikuti kegiatan tersebut dan mendapatkan sertifikat resmi dari Perpusnas.

Terkait pekerjaan pustakawan, kebanyakan pustakawan bekerja di perpustakaan yang ada di sekolah, perguruan tinggi, perusahaan swasta maupun perpustakaan pemerintah baik tingkat kota, provinsi maupun Negara.

Secara teknis pekerjaan pustakawan meliputi Pengadaan Bahan Pustaka, Pengolahan Bahan Pustaka, Layanan kepada pemustaka. Dari 3 hal diatas masih ada penjabaran lagi secara teknis terkait tugas dan fungsi pustakawan.

Adapun tips mengawali karir sebagai pustakawan atau mendapatkan pekerjaan sebagai pustakawan adalah sebagai berikut:


About Redaksi

Kirimkan Tulisan anda tentang semua hal yang berkaitan dengan Perpustakaan dalam bentuk Artikel, Berita, Makalah, Lowongan Kerja Pustakawan, Seminar Perpustakaan, atau yang lain yang berkaitan dengan dunia perpustakaan ke email Redaksi : bicaraperpustakaan@gmail.com | Dan Jika ingin jadi bergabung untuk menjadi PENULIS dalam situs ini silahkan mendaftar ke link berikut ini http://bicaraperpustakaan.com/wp-login.php?action=register

2 comments

  1. kalo salary gimana? kalo di kita kok rasanya pekerjaan ini kurang bergengsi dan salary juga tidak seberapa. atau saya yg tidak upodate ya?

    kalo di negara spt US, pustakawan itu karir yg cukup menjanjikan dengan salary bisa sampai di atas 50rb USD per tahun

    • Kalau terkait salary itu memang relatif mbak clara, mbak pasti sudah tau sendiri bagaimana keadaannya jika kita menjadi pegawai sebuah institusi pendidikan dan kita bukan merupakan PNS (saya rasa tidak perlu saya jelaskan), beda lagi jika kita menjadi pustakawan di sebuah perusahaan yang memang sudah mempunyai standard gaji yang lebih tinggi. Namun sebagai pustakawan kita wajib dituntut lebih kreatif dalam mengatasi hal tersebut, setiap hari kita berkecimpung di dunia buku maka selayaknya kita dapat belajar berbagai hal dalam pengembangan diri untuk lebih mengasah dan memaksimalkan kemampuan yang kita miliki, sedikit cerita bisa mbak lihat disini http://bicaraperpustakaan.com/2014/12/tips-agar-pustakawan-sekolah-berpendapatan-lebih-dari-200-ribu.html/
      Di Indonesia karir pustakawan juga sudah menjanjikan kok mbak, banyak sekali pustakawan-pustakawan yang sukses baik masalah salary maupun kesuksesan dalam mengembangkan dunia pendidikan di Indonesia, tapi semua tetap ada prosesnya tinggal kita mau dan bisa melalui proses tersebut atau tidak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

loading...