Home / Artikel / Teknologi Informasi dalam Dunia Perpustakaan

Teknologi Informasi dalam Dunia Perpustakaan

loading...

Teknologi Informasi dalam Dunia PerpustakaanSeperti kita ketahui bersama, bahwa kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, terutama teknologi informasi dan teknologi komunikasi telah berkembang sangat cepat. Hal-hal tersebut menjadi fokus kegiatan dunia perpustakaan. Oleh karena dengan penerapan atau aplikasi teknologi informasi yang tepat akan dapat membantu mempercepatproses memperluas layanan, memperbanyak koleksi, khususnya yang berbentuk elektronik dan digital,memperluas akses informasi, dan lain sebagainya. Penerapan teknologi informasi secara langsung tidak langsung dapat meningkatkan citra dan kinerja sebuah perpustakaan apabila penerapannya benar dan tepat. Namun karena sistem teknologi informasi tersebut cepat sekali mengalami perubahan dan memerlukan biaya yang relatif banyak. Maka jika perpustakaan ingin mengadaptasi dan menggunakan sistem tersebut semestinya mempersiapkan segala sesuatunya, agar dapat menyesuaikan dan mengaplikasikannya dengan baik, dan tidak menghadapi hambatan. Dengan kata lain, aplikasi teknologi informasi memiliki kelebihan dan kekurangan. Sekarang ini, perpustakaan yang masih dikelola secara manual hanya cocok untuk perpustakaan yang kecil, baik dalam koleksi, tenaga, maupun pemakai, sementara perpustakaan yang asset dan kegiatannya relatif besar dan tersedia sarana yang memadai, sudah saatnya untuk memulai menggunakan teknologi informasi tersebut. Bagaimana memanfaatkan kelebihan dan sekaligus menghindarkan dari unsure kekurangan dan kelemahan, membutuhkan pengalaman dan proses yang kadang-kadang tidak sederhana. Berkat perkembangan teknologi informasi kini telah berkembang perpustakaan digital (digital library), perpustakaan maya, layanan terpasang (on line), dan akses informasi melalui internet, yang memungkinkan orang memperoleh banyak kemudahan.

Sementara teknologi telekomunikasi akan dapat mengatasi jarak dan waktu baik dalam berkomunikasi, mengakses maupun memperoleh informasi secara lebih cepat dan tepat. Sebagai contoh, suatu peristiwa yang terjadi pada satu belahan dunia, dalam waktu yang sama atau hampir bersamaan dapat diketahui oleh orang yang berada di belahan dunia yang lain. Selanjutnya penemuan oleh seseorang dalam waktu yang sangat singkat akan menjadi milik bersama. Artinya bahwa penemuan tersebut dengan cepat diketahui dan diakses dan dapat dimanfaatkan oleh orang banyak. Semua itu adalah berkat bantuan dan kecanggihan teknologi informasi. Kita harus pandai-pandai memanfaatkan kedua teknologi tersebut untuk hal-hal yang positif. Sebab jika tidak dikelola dengan baik, maka kemungkinan untuk dipergunakan dalam hal-hal yang kurang atau tidak produktif sehingga menjadi kurang efisien. Jadi aplikasi teknologi informasi untuk perpustakaan semestinya disertai oleh tuntutan kebutuhan yang mendesak, tenaga operasional yang professional, dan dimanfaatkan secara optimal.

Teknologi Informasi dalam Dunia Perpustakaan


About Redaksi

Kirimkan Tulisan anda tentang semua hal yang berkaitan dengan Perpustakaan dalam bentuk Artikel, Berita, Makalah, Lowongan Kerja Pustakawan, Seminar Perpustakaan, atau yang lain yang berkaitan dengan dunia perpustakaan ke email Redaksi : bicaraperpustakaan@gmail.com | Dan Jika ingin jadi bergabung untuk menjadi PENULIS dalam situs ini silahkan mendaftar ke link berikut ini http://bicaraperpustakaan.com/wp-login.php?action=register

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

loading...