Home / Artikel / Jenis-jenis Perpustakaan

Jenis-jenis Perpustakaan


Jenis - jenis Perpustakaan

       Pada hakikatnya semua jenis perpustakaan merupakan bagian dari sistem pendidikan dan informasi masyarakat. Dengan demikian, perpustakaan bukan saja berperan sebagai penyedia informasi, tetapi juga terlibat aktif dalam upaya menyadarkan masyarakat akan kebutuhan informasi.

        Dengan adanya berbagai jenis masyarakat yang harus dilayani oleh perpustakaan, serta sejarah, tujuan, anggota, organisasi dan kegiatan yang berlainan maka timbullah berbagai jenis perpustakaan. Factor-faktor yang mempengaruhi timbulnya berbagai jenis perpustakaan, antara lain berikut ini:

  1. Munculnya berbagai jenis media informasi, seperti media tercetak (buku, majalah, laporan, surat kabar) dan media grafis/elektronik, seperti film, foto, microfilm, dan video. Dengan adanya berbagai macam media ini menimbulkan berbagai persepsi bagi pustakawan, yang mengakibatkan timbulnya berbagai jenis perpustakaan.
  2. Adanya keperluan informasi yang dibutuhkan berbagai jenis/kelompok pembaca. Dalam masyarakat terdapat berbagai jenis kelompok pembaca, misalnya anak dibawah lima tahun, pelajar, mahasiswa, ibu rumah tangga, remaja putus sekolah, dan lain sebagainya. Kebutuhan bahan bacaan mereka puun berbeda sehingga tumbuhlah perpustakaan yang mengkhususkan diri untuk kelompok pembaca tertentu.
  3. Adanya berbagai spesialisai subjek, termasuk ruang lingkup subjek serta perincian subje yang bersangkutan. Dalam kenyataan sehari-hari, pembaca mempunyai minat serta keperluan informasi yang berbeda derajat kedalamannya walaupun subjeknya sama. Kebutuhan informasi mengenai suatu subjek yang berbeda-beda intensitas intelektualnya maka akan tumbuh berbagai jenis perpustakaan dengan koleksi yang sesuai dengan keperluan dan tingkat intelekrualitas pembaca.
  4. Adanya ledakan informasi, yakni pertumbuhan literature yang cepat dan sangat banyak sehingga tidak memungkinkan sebuah perpustakaan memiliki semua terbitan yang ada. Disamping itu, pertumbuhan subjek ilmu pengetahuan yang artinya bahwa sering terjadi fusi berbagai subjek menjadi satu atau sebaliknya suatu subjek memunculkan subjek lain sehingga muncul berbagai perpustakaan yang mengkhususkan diri pada subjek tertentu.

Jenis - jenis Perpustakaan

        Selain berbagai faktor tersebut ada juga beberapa aspek yang mempengaruhi munculnya berbagai jenis perpustakaan. Aspek-aspek tersebut adalah sebagai berikut ini:

  1. Tugas dan fungsi perpustakaan.
  2. Pemakai atau pengguna perpustakaan.
  3. Koleksi perpustakaan.

          Jenis perpustakaan yang muncul dari berbagai aspek dan dan faktor tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Perpustakaan Nasional RI
  2. Perpustakaan Umum
  3. Perpustakaan Sekolah
  4. Perpustakaan Perguruan Tinggi
  5. Perpustakaan Khusus

 

Daftar Pustaka
Purwono (2011). Perpustakaan da Kepustakawanan Indonesia. Jakarta: Universitas Terbuka.

Jenis – jenis Perpustakaan


About Redaksi

Kirimkan Tulisan anda tentang semua hal yang berkaitan dengan Perpustakaan dalam bentuk Artikel, Berita, Makalah, Lowongan Kerja Pustakawan, Seminar Perpustakaan, atau yang lain yang berkaitan dengan dunia perpustakaan ke email Redaksi : bicaraperpustakaan@gmail.com | Dan Jika ingin jadi bergabung untuk menjadi PENULIS dalam situs ini silahkan mendaftar ke link berikut ini http://bicaraperpustakaan.com/wp-login.php?action=register

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *