Pengertian Perpustakaan Umum
Artikel

            Pengertian Perpustakaan Umum – Perpustakaan umum mempunyai tugas melayani umum atau semua anggota lapisan masyarakat yang memerlukan jasa perpustakaan dan informasi. Ciri-ciri perpustakaan umum adalah terbuka untuk umum, dibiayai oleh dana umum dan jasa yang diberikan pada hakikatnya bersifat cuma-cuma.

            Perpustakaan amat penting bagi kehidupan kultural dan kecerdasan bangsa karena perpustakaan umum merupakan gerbang menuju pengetahuan, mendukung perorangan, dan kelompok untuk melakukan kegiatan belajar seumur hidup, pengambilan keputusan mandiri dan pembangunan budaya (Blasius, 2002). Demikian pentingnya peranan perpustakaan umum bagi kecerdasan bangsa sehingga UNESCO mengeluarkan manifesto perpustakaan umum pada tahun 1972. Adapun Manifesto Perpustakaan Umum UNESCO, (Sulistyo-Basuki, 1991) menyatakan bahwa perpustakaan umum mempunyai 4 tujuan utama yaitu sebagai berikut:

  1. Memeberikan kesempatan bagi umum untuk membaca bahan pustaka yang dapat membantu meningkatkan mereka kea rah kehidupan yang lebih baik.
  2. Menyediakan sumber informasi yang cepat, tepat, dan murah bagi masyarakat, terutama informasi mengenai topic yang berguna dan sedang hangat dibicarakan dalam kalangan masyarakat (informasi mutkahir).
  3. Membantu warga untuk mengembangkan pengetahuan yang dimilikinya sehingga yang besangkutan akan bermanfaat bagi masyarakat sekitarnya, bantuan yang diberikan adalah dengan menyediakan bahan pustaka yang sesuai. Fungsi ini disebut sebagai fungsi pendidikan perpustakaan umum, lebih tepat disebut sebagai pendidikan berkesinambungan atau pendidikan seumur hidup. Pendidikan sejenis itu hanya bisa dilakukan oleh perpustakaan umum karena perpustakaan umum merupakan satu-satunya pranata kepustakawanan yang terbuka bagi umum. Perpustakaan Nasional RI juga terbuka untuk umum, namun untuk memanfaatkannya tidak selalu terbuka langsung bagi perorangan, adakalanya harus melalui perpustakaan lain.
  4. Bertindak selaku agen kultural, artinya perpustakaan umum merupakan pusat utama kehidupan budaya bagi masyarakat sekitarnya. Perpustakaan umum bertugas menumbuhkan apresiasi budaya masyarakat sekitarnya dengan cara menyelenggarakan pameran budaya, ceramah, pemutaran film, dan penyediaan informasi yang dapat meningkatkan keikutsertaan, kegemaran dan apresiasi masyarakat terhadap segala bentuk seni budaya.

            Selain beberapa tujuan yang harus dicapai seperti tersebut diatas, Perpustakaan Umum juga mempunyai misi agar tidak ditinggalkan oleh anggotanya. Menurut Blasius (2002) misi Perpustakaan Umum adalah sebagai berikut ini:

  1. Menciptakan dan menguatkan kebiasaan membaca sejak dini.
  2. Mendukung pelaksanaan pendidikan formal dan perorangan yang belajar mandiri.
  3. Memberikan peluang bagi pengebangan kreativitas.
  4. Merangsang imajinasi dan kreativitas kaum muda.
  5. Mempromosikan warisan budaya, penemuan ilmiah dan inovasi.
  6. Menyediakan akses pada ekspresi budaya.
  7. Membina dialog antar budaya dan mendukung keanekaragaman budaya.
  8. Membantu budaya lisan.
  9. Menjamin akses atas semua jenis informasi ke masyarakat bagi semua warga.
  10. Menyediakan cukup informasi bagi perusahaan, asosiasi, dan kelompok pemerhati setempat.
  11. Memberikan kemudahan dalam pengembangan keterampilan dan ketidakbutaan informasi dan komputer.
  12. Membantu dan aktif dalam kegiatan pemberantasan buta huruf pada semua tingkatan.

            Perpustakaan Umum di Indonesia banyak didirikan di Daerah Tingkat II (Kabupaten), Kecamatan, dan Desa. Perpustakaan rumah ibadah dapat dikelompokkan sebagai perpustakaan umum karena tugas dan fungsinya pada hakikatnya adalah melayani umum sesuai dengan agama yang dianut masyarakat setempat. Dilihat dari koleksinya, perpustakaan umum dan perpustakaan rumah ibadah adalah menghimpun berbagai jenis bahan pustaka yang telah melewati proses seleksi terlebih dulu agar sesuai dengan tingkat perkembangan dan kebutuhan informasi masyarakat pemakai yang dilayani.

            Departemen yang bertanggung jawab pada pendirian dan pengelolaan perpustakaan umum adalah Departemen Dalam Negeri dan jajarannya di daerah, sedangkan untuk perpustakaan rumah ibadah adalah menjadi wewenang dan tanggung jawab jajaran Kementerian Agama. Dalam hal pembinaan, perpustakaan umum dan perpustakaan rumah ibadah adalah menjadi tugas Perpustakaan Nasional RI.

Daftar Pustaka

Purwono (2011). Perpustakaan da Kepustakawanan Indonesia. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sulistyo-Basuki, E. Koswara (Editor) (1998). Pustakawan Sebagai Profesional Informasi Modern: Tantangan dan Peluang. Dinamika Informasi dalam Era Global. Bandung: IPI-Jabar, Remadja Rosdakarya.

 

Pengertian Perpustakaan Umum


Tidak ada Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Perkembangan Teknologi Informasi dan Katalog Perpustakaan dari Katalog Cetak ke OPAC
Artikel
1
Perkembangan Teknologi Informasi dan Katalog Perpustakaan dari Katalog Cetak ke OPAC

TweetPerkembangan Teknologi Informasi dan Katalog Perpustakaan dari Katalog Cetak ke OPAC                                      Nama Anggota  :        1. Henni Novitasari    (1554400041)                                                                               2. Kapriko Amanda (1554400052)                                                                               3. Chintia                                      Kelas         : 13-Pus-B                                      Dosen Pembimbing:   Shaleh Khudin, M.Hum.     UIN RADEN FATAH PALEMBANG JURUSAN ILMU PERPUSTAKAAN FAKULTAS ADAB DAN HUMANIORAH …


Tips Agar Terhindar dari Denda Keterlambatan Pengembalian Buku
Artikel
1
Tips Agar Terhindar dari Denda Keterlambatan Pengembalian Buku

Tweet Tips Agar Terhindar dari Denda Keterlambatan Pengembalian Buku – Dalam perkembangannya, denda perpustakaan bisa menjadi salah satu sumber dana pemasukan perpustakaan yang menjanjikan dalam pengembangan perpustakaan. Seperti misal institusi-institusi besar dengan jumlah civitas sekian puluh ribu orang, dimana otomatis pengguna perpustakaan juga sejumlah tersebut. Dan dari sekian banyak pengguna …


Membangun Institutional Repository Berbasis SETIADI
Artikel
6
Membangun Institutional Repository Berbasis SETIADI

TweetMembangun Institutional Repository Berbasis SETIADI – Dalam perkembangannya, pengelolaan Repositori Institusi sudah menjadi sebuah kewajiban dalam dunia perpustakaan dalam mengelola local content yang dimiliki sebuah institusi. Ada berbagai software yang bisa dimanfaatkan dalam penerapannya, mulai dari yang paling mudah sampai yang paling sulit dalam operasionalnya. Untuk membangun dan mengembangkan suatu Repositori Institusi …