Home / Artikel / Perpustakaan Khusus: Definisi, Fungsi, Tujuan

Perpustakaan Khusus: Definisi, Fungsi, Tujuan


Perpustakaan Khusus: Definisi, Fungsi, Tujuan adalah perpustakaan yang memiliki koleksi pada subjek-subjek khusus (tertentu). Adapun ciri-ciri perpustakaan khusus di antaranya berikut ini:

  • Memberi informasi pada badan induknya, dimana perpustakaan itu berada (didirikan).
  • Tempatnya di gedung-gedung pusat penelitian, asuransi, agen-agen serta badan usaha yang mengarah ke kegiatan bisnis.
  • Melayani pemakai khusus pada organisasi induknya.
  • Cakupan subjeknya terbatas (khusus).
  • Ukuran perpustakaannya relatif kecil.
  • Jumlah koleksinya relatif kecil.

            Biasanya perpustakaan khusus berfungsi juga sebagai pusat informasi yaitu memiliki hal-hal berikut ini:

  • Informasinya luas, baik yang standar maupun yang tidak standar.
  • Pengawasannya lebih mudah dalam bidang subjeknya serta lebih efisien.
  • Peranannya lebih besar dalam laporan usaha penerbitan untuk review dan penelitian.
  • Terdapat spesialisasi subjek.
  • Teknik pelayanannya mengembangkan teknologi dan dokumentasi dengan computer.
  • Merupakan pusat yang bertanggung jawab pada semua jasa informasi sistem maupun subsistem

Faktor-faktor yang mendorong timbulnya perpustakaan khusus di antaranya berdasarkan kebutuhan jasa informasi dan kemampuan pemenuhan kebutuhan jasa informasi yang dihasilkan. Adapun jenis-jenis jasa yang dikerjakan perpustakaan khusus bervariasi tergantung dari organisasinya, selain itu tergantung juga pada dana, staf pelaksana, peralatan, serta tempat yang digunakan untuk perpustakaan. Kegiatan penting yang diaksanakan dalam perpustakaan khusus untuk menunjang terlaksananya jasa yang ditawarkan, antara lain berikut ini:

  • Pengadaan. Sumber pengadaan bahan pustaka adalah bahan yang telah dimiliki atau dihasilkan oleh organisasi induknya dan materi baru dengan cara membeli, hadiah/tukar-menukar.
  • Organisasi bahan pustaka. Setelah publikasi diadakan dan diseleksi oleh perpustakaan. Tahap berikutnya adalah pengorganisasian, yaitu penentuan sistem temu dan kembali informasi. Dokumen disusun dalam urutan pengorganisasian yang dapat dilakukan dengan mudah dan dapat dicari/ditemukan kembali dengan cepat dan tepat.
  • Pemrosesan (pengolahan) informasi dan materi. Hal ini meliputi kegiatan identifikasi dan catatan kepemilikan, penyusunan koleksi sesuai bahan pustaka dan isi/subjek dokumen dengan melakukan analisis subjek dan klasifikasi untuk pengkatalogan subjek, serta pengindeksan, yaitu menyiapkan pangkalan data yang berisi rujukan topik-topik, nama dan halaman penunjuk, dimana topic itu dimuat pada buku atau terbitan berseri, laporan, lertas kerja maupun jenis pustaka yang lain.

Diseminasi informasi dan jasa pemakai. Fungsi informasi suatu perpustakaan khusus merupakan ciri utama yang membedakan perpustakaan khusus dengan perpustakaan yang lain. Usaha utama perpustakaan dan pustakawan perpustakaan khusus adalah menyediakan informasi dengan cepat dan mudah kepada staf di sebuah organisasi, di mana perpustakaan tersebut bernaung, dan member jawaban pertanyaan khusus (spesifik). Kebutuhan informasi untuk staf/karyawan berkisar pada kebutuhan untuk pengembangan organisasi dan kariernya serta hal-hal yang tidak dikenalnya. Nilai sebuah perpustakaan khusus pustakawannya terletak pada nilai kepuasan dalam melayani kebutuhan informasi bagi pemakai.

Daftar Pustaka
Purwono (2011). Perpustakaan da Kepustakawanan Indonesia. Jakarta: Universitas Terbuka.

Perpustakaan Khusus: Definisi, Fungsi, Tujuan


loading...

About Redaksi

Kirimkan Tulisan anda tentang semua hal yang berkaitan dengan Perpustakaan dalam bentuk Artikel, Berita, Makalah, Lowongan Kerja Pustakawan, Seminar Perpustakaan, atau yang lain yang berkaitan dengan dunia perpustakaan ke email Redaksi : bicaraperpustakaan@gmail.com | Dan Jika ingin jadi bergabung untuk menjadi PENULIS dalam situs ini silahkan mendaftar ke link berikut ini http://bicaraperpustakaan.com/wp-login.php?action=register

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

loading...