Home / Artikel / Perpustakaan Sebagai Pusat Sumber Belajar

Perpustakaan Sebagai Pusat Sumber Belajar

loading...

Perpustakaan Sebagai Pusat Sumber BelajarKita mengenal berbagai perpustakaan, dokumentasi, dan informasi (Pusdokinfo). Di samping institusi tersebut masih ada lembaga-lembaga lain yang mempunyai kegiatan yang sama, hampir sama atau berdekatan misalnya Pusat-pusat kajian, Clearing House, Pusat data, dan pangkalan data (data base). Lembaga-lembaga semacam itu merupakan pusat-pusat seumber belajar (Learning resources center), pusat pelatihan dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, bagi kelompok-kelompok masyarakat tertentu, yang disebut pekerja ilmiah.

Di dalam lembaga-lembaga itu dilakukan kegiatan ilmiah, rekayasa, uji coba, laboratorium, dan lain sebagainya. Dari sana dikembangkan dan sering dihasilkan ide, gagasan, inspirasi dan inovasi serta penemuan baru. Oleh karena itu kemudian muncul ilmu-ilmu baru, timbul harapan, produk baru dan prospek yang lebih baik. Ilmu-ilmu dan rekayasa baru tersebut harus dikemas lebih baik dan lebih variatif agar menarik pengunjung. Para ilmuwan, cerdik cendikia, dan peneliti yang telah mengabdikan dirinya dan mencurahkan pikirannya sebagian besar waktunya, untuk menemukan sesuatu yang baru dan sangat berguna bagi kehidupan umat manusia.

Ilmu pengetahuan identik dengan perubahan, karena setiap saat berkembang dan muncul ilmu yang baru. Begitu seterusnya, suatu inovasi dan perubahan yang tak pernah berhenti. Oleh sebab itu perpustakaan dan lembaga-lembaga yang sejenisnya merupakan pusat sumber belajar bagi banyak orang, pengguna jasa dan layanan perpustakaan serta masyarakat pada umumnya. Mestinya mereka para pemakai perpustakaan tersebut berterima kasih kepada penyelenggara perpustakaan karena telah mendapatkan kemudahan dan layanan serta bantuan. Lebih daripada itu, perpustakaan adalah milik kita yang pemeliharaan dan pengembangannya menjadi tanggung jawab bersama antara pemerintah, masyarakat dan swasta.

Perpustakaan Sebagai Pusat Sumber Belajar


About Redaksi

Kirimkan Tulisan anda tentang semua hal yang berkaitan dengan Perpustakaan dalam bentuk Artikel, Berita, Makalah, Lowongan Kerja Pustakawan, Seminar Perpustakaan, atau yang lain yang berkaitan dengan dunia perpustakaan ke email Redaksi : bicaraperpustakaan@gmail.com | Dan Jika ingin jadi bergabung untuk menjadi PENULIS dalam situs ini silahkan mendaftar ke link berikut ini http://bicaraperpustakaan.com/wp-login.php?action=register

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

loading...