Home / Artikel / Perpustakaan untuk Kita Semua

Perpustakaan untuk Kita Semua


perpustakaan untuk kita semuaPerpustakaan untuk Kita Semua – Menurut catatan sejarah keberadaan sebuah perpustakaan telah berkembang bersamaan dengan budaya umat manusia. Hal ini dapat dimengerti, karena pada hakikatnya perpustakaan merupakan bagian dari hasil peradaban dan budaya (hasil cipta, karsa, dan karya) umat manusia. Sebuah perpustakaan pada mulanya lebih tua daripada buku, kertas, dan mesin cetak. Oleh karena jauh sebelum benda-benda tersebut ditemukan orang, perpustakaan sudah ada. Ketika itu koleksi perpustakaan terdiri atas tulisan-tulisan pada batu-batuan, kulit binatang, daun lontar dan sejenisnya, tablet tanah liat (clay tablet), gulungan-gulungan (scrolls) dan lain-lain sebagainya. Perkembangan dan penggunaan perpustakaan masih terbatas pada golongan atau kelompok masyarakat tertentu, seperti keluarga kerajaan dan kaum bangsawan, agamawan, dan kaum borjuis.

Kemudian seiring dengan perkembangan dan persebaran jumlah penduduk, pertumbuhan ilmu pengetahuan, dan kemajuan kehidupan umat manusia, perpustakaan juga makin berkembang. Perkembangan tersebut meliputi jenis perpustakaan, koleksi bahan pustaka, sarana dan prasarana, serta masyarakat pemakainya.

loading...

Sebuah perpustakaan dibangun berdasarkan beberapa pertimbangan antara lain (1) untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, (2) atas keinginan masyarakat tertentu, (3) atas prakarsa pemerintah (pusat atau pun pemerintah daerah, (4) atau atas kemauan lembaga tertentu, baik pemerintah maupun swasta, (5) untuk mendukung suatu kegiatan seperti pendidikan / sekolah dan guna memfasilitasi program penelitian. Dari sana akan terkelompokkan ke dalam dua kelompok, yaitu pertama kelompok penyelenggara perpustakaan. Namun kedua kelompok tersebut dapat dibedakan tetapi tidak secara tegas dipisahkan. Pada kondisi tertentu keduanya dapat dapat sekaligus berperan bersamaan, baik sebagai pemprakarsa pendirian (pembanguanan) maupun pemakai. Pembangunan perpustakaan tersebut adalah dalam rangka memenuhi kebutuhan informasi, ilmu pengetahuan, pendidikan, rekreasi, penelitian, bagi masyarakat yang memang diharapkan menggunakannya, serta pelestarian khasanah budaya bangsa dalam bentuk koleksi pustakaan tersebut. Koleksi perpustakaan merupakan rekaman, catatan, tulisan, atas buah pikiran, gagasan, ide, penemuan, dan karya-karya yang lain, yang tak ternilai harganya. Dari waktu ke waktu dan akan terus berkembang. Semuanya tersimpan dan tertata di perpustakaan.

Dengan kata lain, perpustakaan dari kita, oleh kita, dan untuk kita semua. Perpustakaan adalah milik kita, masyarakat secara sadar atau tidak, menjadi bagian dari keberadaan sebuah perpustakaan. Yang membedakan adalah jenisnya, kelompok pemakainya, penekanan koleksi, kebijakan, organisasi penyelenggara dan penanggung jawab, tingkatan dan kedudukan yang tergambarkan dalam bagan / struktur organisasi.

Perpustakaan untuk Kita Semua


About Redaksi

Kirimkan Tulisan anda tentang semua hal yang berkaitan dengan Perpustakaan dalam bentuk Artikel, Berita, Makalah, Lowongan Kerja Pustakawan, Seminar Perpustakaan, atau yang lain yang berkaitan dengan dunia perpustakaan ke email Redaksi : bicaraperpustakaan@gmail.com | Dan Jika ingin jadi bergabung untuk menjadi PENULIS dalam situs ini silahkan mendaftar ke link berikut ini http://bicaraperpustakaan.com/wp-login.php?action=register

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

loading...