Home / Artikel / Strategi Pengembangan Institusional Repository Dalam Mendukung Tri Dharma Perguruan Tinggi

Strategi Pengembangan Institusional Repository Dalam Mendukung Tri Dharma Perguruan Tinggi


Strategi Pengembangan Institusional Repository Dalam Mendukung Tri Dharma Perguruan Tinggi

Oleh: Imas Maesaroh, PhD (Dosen UIN Sunan Ampel Surabaya)

Makalah ini disampaikan dalam seminar yang diadakan oleh UPT Perpustakaan Universitas Trunojoyo

www.bicaraperpustakaan.com
www.bicaraperpustakaan.com

            Jumlah perguruan tinggi di Indonesia pada saat ini mencapai 4.313 dengan komposisi jenis perguruan tinggi sebagai berikut: Sekolah tinggi berjumlah 2.350, akademik sejumlah 1.086, politeknik berjumlah 230, institut berjumlah 131, dan universitas sejumlah 516. Perguruan tinggi ini didukung oleh tenaga pendidik yang berjumlah 242.707 orang (Data diambil dari Pangkalan Data Pendidikan Tinggi, 2015). Yang dimaksud dengan tenaga pendidik disini adalah dosen dan bedasarkan Permen PAN dan RB Nomor 17 tahun 2013 tentang jabatan fungsional dosen dan angka kredit dosen adalah pendidik professional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

            Dari data tersebut menunjukkan tentang kekuatan Pendidikan Tinggi di Indonesia bisa dikatakan tinggi. Tapi berdasarkan daftar peringkat universitas terbaik dunia versi Webometrics pada bulan Juli 2015, peringkat paling tinggi dicapai oleh Universitas Gadjah Mada dengan peringkat dunia nomor 781, disusul ITB dengan peringkat 819, dan Universitas Indonesia dengan peringkat 910. Sedangkan peringkat 100 perguruan tinggi se Indonesia masuk peringkat 8517 dunia, oleh sebab itu bisa dikatakan bahwa kualitas perguruan tinggi di indoensia masih dikatakan rendah, dimana peringkat ke 100 se Indonesia masuk dalam peringkat 8517 sedunia. Padahal jumlah perguruan tinggi di Indonesia adalah 4.313 institusi.

            Sumarno (2012) menyatakan bahwa salah satu permasalahan yang dihadapi perguruan tinggi di Indonesia yang berhubungan dengan rendahnya mutu pendidikan tinggi adalah mutu proses kerja utama, yaitu yang berhubungan dengan pembelajaran, riset, layanan, dan manajemen. Purwono (2011) menyatakan bahwa factor utama rendahnya peringkat dicapai oleh perguruan tinggi di Indonesia adalah rendahnya produktifitas kinerja tenaga pendidik yang terdiri dari kualitas pendidian, jumlah penelitian dan publikasi, angka efisiensi edukasi, dan karya yang mendapatkan pengakuan paten.

Makalah lebih lengkapnya silahkan download filenya disini Strategi Pengembangan Institusional Repository Dalam Mendukung Tri Dharma Perguruan Tinggi

Strategi Pengembangan Institusional Repository Dalam Mendukung Tri Dharma Perguruan Tinggi


About Redaksi

Kirimkan Tulisan anda tentang semua hal yang berkaitan dengan Perpustakaan dalam bentuk Artikel, Berita, Makalah, Lowongan Kerja Pustakawan, Seminar Perpustakaan, atau yang lain yang berkaitan dengan dunia perpustakaan ke email Redaksi : bicaraperpustakaan@gmail.com | Dan Jika ingin jadi bergabung untuk menjadi PENULIS dalam situs ini silahkan mendaftar ke link berikut ini http://bicaraperpustakaan.com/wp-login.php?action=register

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *