Home / Artikel / Definisi Layanan Prima

Definisi Layanan Prima

loading...

Beragam definisi layanan prima (services excellent) telah dijelaskan dalam beberapa sumber rujukan. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia Online (2008) istilah layanan diartikan sebagai cara melayani, yaitu membantu menyiapkan (mengurus) apa yang diperlukan seseorang. Sedangkan prima diartikan sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa layanan prima adalah layanan yang membantu menyiapkan (mengurus) apa yang diperlukan seseorang dengan sangat baik. Sehingga kebutuhan yang diharapkan seseorang tersebut dalam hal ini pemustaka dapat dipenuhi.

Barata (2004) memberi beberapa definisi layanan prima:

  • Layanan prima adalah membuat pelanggan merasa penting
  • Layanan prima adalah melayani pelanggan dengan ramah, tepat dan cepat
  • Layanan prima adalah pelayanan dengan mengutamakan kepuasan pelanggan
  • Layanan prima adalah menempatkan pelanggan sebagai mitra
  • Layanan prima adalah pelayanan optimal yang menghasilkan kepuasan pelanggan
  • Layanan prima adalah kepedulian kepada pelanggan untuk memberikan rasa puas
  • Layanan prima adalah upaya layanan terpadu untuk kepuasan pelanggan

Pengertian atau definisi layanan prima yang dikemukakan di atas dapat dikatakan semuanya benar. Sementara Rahmayanty (2010) memberikan definisi sebagai berikut:

  • Layanan prima adalah pelayanan yang sangat baik dan melampaui harapan pelanggan
  • Layanan prima adalah pelayanan yang memiliki ciri khas kualitas (quality nice). Ciri khas kualitas yang baik meliputi kemudahan, kecepatan, ketepatan, kehandalan, dan
  • Layanan prima adalah pelayanan dengan standar kualitas yang tinggi dan selalu mengikuti perkembangan kebutuhan pelanggan setiap saat, secara konsisten dan akurat (handal)
  • Layanan prima adalah pelayanan yang memenuhi kebutuhan praktis (pratical needs), kebutuhan emosional (emotional needs)

Pada pelaksanaannya batasan suatu layanan prima tidaklah baku sebagaimana pengertian di atas. Pengertian baku tentang layanan prima sangat tergantung bagaimana tenaga perpustakaan, sebagai pengelola perpustakaan, dapat memberikan layanan yang terbaik baik pemustakanya. Misalnya Sutarno (2004) mengatakan bahwa layanan prima adalah layanan yang diberikan dengan cepat, tepat, mudah, sederhana dan murah, serta memuaskan. Sutoyo (2004) mendefinisikan layanan prima adalah layanan terbaik yang memuaskan pelanggan, sesuai standar, dan bahkan melebihi standar dari sebuah pedoman pelayanan atau ukuran baku sebuah pelayanan. Surtiawan (2006) mengemukakan bahwa layanan prima adalah layanan yang merupakan satu kesatuan terintegrasi dari unsur kecepatan, ketepatan, keramahan dan kenyamanan. Keempatnya merupakan satu kesatuan yang harus ada, tidak boleh ada yang tertinggal jika ingin disebut layanan prima. Sementara itu Kosasih (2009), menyatakan bahwa layanan prima sangat dipengaruhi sejauh mana sarana pelayanan yang digunakan sehingga menciptakan unsur kemudahan, kecepatan dan keakuratan.

Definisi diatas menunjukkan upaya layanan prima yang diberikan kepada customer, dalam hal ini pemustaka, sehingga dapat memenangkan hatinya. Mereka akan merasa sangat diperhatikan sehingga dengan senang hati akan memanfaatkan koleksi, fasilitas dan layanan yang disediakan. Bahkan UU Nomor 43 Tahun 2007 mewajibkan untuk member layanan prima kepadanya. Pasal 32 ayat a berbunyi: “Tenaga perpustakaan berkewajiban memberikan layanan prima terhadap pemustaka”. Untuk itu perlu bagi tenaga perpustakaan memiliki ketrampilan dan pengetahuan, disamping penampilan fisik yang menyenangkan. Jadi dapat disimpulkan bahwa layanan prima adalah upaya untuk menenangkan hati pemustaka atau calon pemustaka potensial yang dilakukan dengan berdasarkan pada pedoman yang digariskan dan dilakukan secara terus menerus.

Definisi Layanan Prima


About Redaksi

Kirimkan Tulisan anda tentang semua hal yang berkaitan dengan Perpustakaan dalam bentuk Artikel, Berita, Makalah, Lowongan Kerja Pustakawan, Seminar Perpustakaan, atau yang lain yang berkaitan dengan dunia perpustakaan ke email Redaksi : bicaraperpustakaan@gmail.com | Dan Jika ingin jadi bergabung untuk menjadi PENULIS dalam situs ini silahkan mendaftar ke link berikut ini http://bicaraperpustakaan.com/wp-login.php?action=register

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

loading...