Home / Artikel / Hak dan Kewajiban Pemakai Perpustakaan

Hak dan Kewajiban Pemakai Perpustakaan


Hak dan Kewajiban Pemakai Perpustakaan – Pemakai perpustakaan yang bisa disebut sebagai pemustaka atau pengguna perpustakaan mempunyai beberapa hak yang berhak diterima olehnya dan kewajiban-kewajiban yang harus dilakukan yang biasa dituangkan dalam peraturan-peraturan/tata-tertib yang ada di perpustakaan.

Berikut ini beberapa hak yang dimiliki pemakai perpustakaan / pemustaka antara lain:

  1. Memperoleh informasi yang berkualitas.
  2. Memperoleh layanan perpustakaan yang baik, efisien dalam kecepatan dan kebenaran, ramah dan nyaman.
  3. Meminjam koleksi perpustakaan, memperoleh bimbingan pemakai dalam pemanfaatan dan pencarian informasi yang dibutuhkan.
  4. Memanfaatkan semua fasilitas perpustakaan yang ada, seperti layanan wi-fi, internet, ruang baca yang meliputi study carel dan ruang diskusi, layanan fotokopi, layanan multimedia, dan fasilitas pendukung lain yang dimiliki perpustakaan.
  5. Memesan koleksi buku, jurnal atau majalah untuk dibelikan sebagai koleksi baru yang belum dimiliki oleh perpustakaan maupun koleksi tambahan dari koleksi yang sudah ada.
  6. Memberikan masukan kepada tenaga perpustakaan / pustakawan dalam pengembangan perpustakaan secara umum maupun perbaikan-perbaikan dalam pelayanan perpustakaan.
  7. Berperan serta dalam pengawasan pemanfaatan koleksi dan fasilitas yang ada di perpustakaan.

Dan setelah menerima haknya maka pemustaka harus mentaati kewajiban yang sudah ditetapkan sebuah perpustakaan, dan kewajiban tersebut antara lain:

  1. Mengembalikan koleksi yang dipinjam tepat pada waktunya.
  2. Memelihara dan merawat koleksi yang dipinjam agar tidak rusak.
  3. Buku yang selesai dibaca tidak dikembalikan sendiri ke rak, karena petugas perpustakaan yang berkewajiban yang mengembalikan dan menata buku di rak.
  4. Menggunakan kartu anggota perpustakaan milik sendiri saat meminjam buku dan tidak meminjamkan kartu anggota kepada siapapun dengan alasan apapun.
  5. Menghormati dan menghargai pemustaka lain yang sedang melakukan aktivitas di perpustakaan.
  6. Menjaga dan tidak merusak fasilitas yang tersedia di perpustakaan, misalnya meja kursi belajar, computer, toilet, lift, AC dan fasilitas-fasilitas lain agar bias dimanfaatkan secara tepat guna oleh seluruh anggota perpustakaan.
  7. Menjaga suasana ruang perpustakaan agar tetap kondusif dan nyaman untuk belajar.
  8. Mematuhi seluruh tata tertib yang ada di perpustakaan.

 

Hak dan Kewajiban Pemakai Perpustakaan


About Redaksi

Kirimkan Tulisan anda tentang semua hal yang berkaitan dengan Perpustakaan dalam bentuk Artikel, Berita, Makalah, Lowongan Kerja Pustakawan, Seminar Perpustakaan, atau yang lain yang berkaitan dengan dunia perpustakaan ke email Redaksi : bicaraperpustakaan@gmail.com | Dan Jika ingin jadi bergabung untuk menjadi PENULIS dalam situs ini silahkan mendaftar ke link berikut ini http://bicaraperpustakaan.com/wp-login.php?action=register

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *