Home / Artikel / Pengembangan Koleksi Perpustakaan

Pengembangan Koleksi Perpustakaan


Pengembangan koleksi perpustakaan merupakan salah satu faktor utama (pilar) sebuah perpustakaan. Oleh karena koleksi perpustakaan akan memberikan ciri dan warna sebagai berikut:

  • Memberikan ciri bagi jenis perpustakaan yang dibentuk. Misalnya perpustakaan umum, koleksinya mencakup semua disiplin ilmu dan dimaksudkan untuk dipakai oleh semua lapisan masyarakat, sehingga penekanannya terletak pada variasi jenis koleksi.
  • Merupakan daya tarik dan perhatian bagi pengunjung, artinya koleksi yang makin lengkap dan dengan terbitan yang relatif baru, akan dapat memberikan kesempatan yang makin besar kepada pengunjung untuk memilih dan memperoleh informasi terkini.
  • Meningkatkan citra dan gambaran atau performa dan kinerja perpustakaan. Maksudnya, bahwa jumlah koleksi yang besar/ banyak akan menunjukkan kekuatan dan keberadaan sebuah perpustakaan makin diakui masyarakat, daripada perpustakaan yang koleksinya “itu-itu saja”.

Pengembangan koleksi perpustakaan mencakup:

  • Jumlah, mencakup judul, jenis dan eksemplar,
  • Terbitan baru,
  • Variasi, baik yang tercetak seperti buku, makalah, koran, maupun yang terekam,
  • Sumber penerbitnya makin banyak,
  • Sumber asalnya, dalam negeri (Bahasa Indonesia dan bahasa daerah), dari luar negeri, terjemahan, saduran bahasa Inggris dan bahasa lainnya.

Kita mengetahui bahwa perkembangan informasi terjadi setiap saat, dalam hitungan detik, menit, jam, dan hari, dan terjadi diseluruh penjuru dunia, terutama di Negara-negara maju, dalam jumlah yang tak terbatas. Informasi tersebut kemudian dihimpun dan di seleksi sesuai dengan subjek dan bidang tertentu. Selanjutnya dikemas dalam bentuk tercetak dan terekam, untuk disajikan dan dimanfaatkan sesuai dengan kebutuhan pemakai.

Sementara itu perpustakaan dan lembaga informasi dan dokumentasi lainnya biasanya selalu berhadapan dengan berbagai keterbatasan. Keterbatasan itu antara lain ruangan, tenaga, dana, waktu, perabot dan perlengkapan. Sebuah perpustakaan tidak mungkin dan tidak perlu menghimpun semua informasi karena sebagian informasi tersebut tidak akan berguna yang bukan bidangnya. Sebaliknya yang merupakan fokus penekanan akan sangat menonjol. Oleh sebab itu untuk dapat melakukan seleksi dibutuhkan tenaga-tenaga yang andal, terampi, dan cakap. Di samping itu dibutuhkan alat seleksi (selection tools) sebagai pedoman, seperti katalog terbitan, desiderata, daftar tambahan buku, dan resensi atau timbangan buku. Satu hal lagi yang cukup penting sebagai pedoman adalah garis kebijakan dari pimpinan yang berisi visi, misi dan aturan dalam mengadakan bahan koleksi perpustakaan.

Pada akhirnya pengembangan koleksi bertujuan untuk (1) menambah jumlah, (2) meningkatkan dan jenis bahan bacaan serta (3) meningkatkan mutunya sesuai dengan kebutuhan masyarakat pemakai. Pada sisi yang lain, jika koleksi terus bertambah, sedangkan ruangan, rak dan tempat menyimpan tidak dikembangkan, maka pada suatu saat nanti perpustakaan akan penuh. Koleksi yang sudah relatif lama dan tidak terpakai lagi sebaiknya di data dan di tata kembali. Untuk menghindari keadaan demikian, maka dalam kegiatan pengembangan koleksi harus disertai kegiatan penyiangan. Untuk memisahkan koleksi yang sudah kadaluarsa, rusak, dan tidak terpakai lagi, dikeluarkan dari jajarannya di rak buku, dan tempatnya dipergunakan untuk koleksi yang baru.

Daftar Pustaka

Sutarno NS (2006). Manajemen Perpustakaan: suatu pendekatan praktik. Jakarta: Sagung Seto.

 

Pengembangan Koleksi Perpustakaan


About Redaksi

Kirimkan Tulisan anda tentang semua hal yang berkaitan dengan Perpustakaan dalam bentuk Artikel, Berita, Makalah, Lowongan Kerja Pustakawan, Seminar Perpustakaan, atau yang lain yang berkaitan dengan dunia perpustakaan ke email Redaksi : bicaraperpustakaan@gmail.com | Dan Jika ingin jadi bergabung untuk menjadi PENULIS dalam situs ini silahkan mendaftar ke link berikut ini http://bicaraperpustakaan.com/wp-login.php?action=register

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *