Home / Artikel / Pengembangan Masyarakat Pemakai/Pemustaka

Pengembangan Masyarakat Pemakai/Pemustaka


Pengembangan Masyarakat Pemakai/Pemustaka – Pemustaka atau dapat disebut pengguna perpustakaan atau pemakai, atau konsumen merupakan target dan sasaran utama penyelenggaraan perpustakaan. Semua daya dan upaya semata-mata diarahkan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan masyarakat. Maksudnya adalah agar masyarakat yang berpotensi dan diharapkan memakai perpustakaan dapat berkembang dan bertambah jumlahnya dari waktu ke waktu. Masyarakat akan tertarik untuk ke perpustakaan apabila mereka mengerti dan memahami apa yang ada di perpustakaan dan mereka memperoleh sesuatu yang berguna. Pengembangan pemakai tidak terbatas pada penambahan jumlah dan kekerapan atau intensitas waktu kedatangan atau kunjungan ke perpustakaan. Namun akan bertambah pula permintaan jenis dan variasi sumber informasi atau koleksi bahan pustaka. Jadi masyarakat yang benar-benar telah menyadari kebutuhan informasi yang dapat memperoleh dengan mudah di perpustakaan. Perkembangan masyarakat pemakai dapat disebabkan oleh, pertama, upaya perpustakaan melalui berbagai cara dan media, yakni atas dorongan dari luar (faktor eksternal), dan kedua, disebabkan makin bertambahnya pengetahuan, wawasan dan kesadaran yang tumbuh dari diri mereka sendiri (faktor internal). Tetapi kondisi itu bisa juga akibat dari keduanya, yaitu atas upaya perpustakaan dan atas kehendak masyarakat, yang bermuara pada makin bertambahnya intensitas pemanfaatan jasa perpustakaan.

Pengembangan pemustaka / pengguna perpustakaan dilakukan dengan cara:

  • Sosialisasi perpustakaan kepada masyarakat
  • Membuka dan memperluas akses dan informasi perpustakaan
  • Mengadakan kegiatan yang melibatkan masyarakat
  • Memberikan kemudahan layanan dan pemakaian perpustakaan
  • Mengembangkan jenis layanan
  • Menciptakan suasana dan kesan yang menarik dan baik kepada pengunjung
  • Menerapkan teknologi informasi tepat guna yang dapat membantu pemakai
  • Memenuhi semua kebutuhan informasi pemakai dengan cepat dan tepat

Menciptakan citra layanan yang baik, sehingga pengunjung termotivasi untuk ingin kembali lagi ke perpustakaan atas kemauan sendiri.

Daftar Pustaka

Sutarno NS (2006). Manajemen Perpustakaan: suatu pendekatan praktik. Jakarta: Sagung Seto.

Pengembangan Masyarakat Pemakai/Pemustaka


About Redaksi

Kirimkan Tulisan anda tentang semua hal yang berkaitan dengan Perpustakaan dalam bentuk Artikel, Berita, Makalah, Lowongan Kerja Pustakawan, Seminar Perpustakaan, atau yang lain yang berkaitan dengan dunia perpustakaan ke email Redaksi : bicaraperpustakaan@gmail.com | Dan Jika ingin jadi bergabung untuk menjadi PENULIS dalam situs ini silahkan mendaftar ke link berikut ini http://bicaraperpustakaan.com/wp-login.php?action=register

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *