Home / Artikel / Pengembangan Sistem Layanan

Pengembangan Sistem Layanan


Pengembangan Sistem Layanan – Penerapan suatu sistem layanan di perpustakaan adalah dimaksudkan agar proses pemberian jasa layanan dapat berlangsung tertib, teratur dan cepat tanpa ada hambatan. Sistem layanan perpustakaan merupakan mata rantai rangkaian kegiatan yang terdiri atas beberapa subbagian saling berhubungan satu sama lain. Masing-masing jenis perpustakaan akan memilih sistem yang paling cocok dengan pemakainya dan kesiapan petugas dan ketersediaan sarana dan prasarananya. Oleh karena itu tiap-tiap subbagian (unsur) harus sudah siap, untuk saling bekerja sama, sebab hambatan di satu meja (tempat) akan berpengaruh kepada meja berikutnya. Layanan yang dikembangkan oleh perpustakaan adalah agar tercipta layanan terbaik sejauh dapat dilaksanakan, yaitu yang sering disebut layanan prima yang dilaksanakan secara professional. Sebelum dapat diciptakan layanan prima diupayakan dulu layanan minimal yang pada intinya berlangsung secara mudah, sederhana, cepat, tepat dan bermanfaat serta murah. Dalam hal itu mungkin perlu dikembangkan layanan yang menggunakan teknologi informasi seoerti komputer, situs, sistim terpasang atau on line. Meskipun sarana tersebut tergolong tidak murah, namun untuk perpustakaan tertentu sudah menerapkannya. Unsure-unsur yang terdapat dan terkait dengan sistem layanan perpustakaan meliputi:

  • Kesiapan petugas layanan baik fisik, mental, kemampuan, pengalaman dan kemauan.
  • Kesiapan peralatan dan perlengkapan sebagai penunjang.
  • Keharmonisan komunikasi, kerjasama, persamaan persepsi antara petugas dengan pengunjung perpustakaan.
  • Peraturan dan tata tertib perpustakaan yang singkat, jelas, dapat dimengerti dan dapat dilaksanakan serta dipatuhi oleh pemakai perpustakaan.
  • Pedoman yang standar di bidang layanan perpustakaan, yang berlaku umum, sehingga dapat dipelajari untuk dipraktikkan.

Gambaran alur dan mekanisme kerja, diawali di meja yang satu dan berakhir di meja-meja yang lain secara tertib dan teratur. Di bawah ini adalah kegiatan yang ada pada layanan perpustakaan:

  • Meja informasi. Tempat pengunjung memperoleh informasi tentang seluk-beluk layanan perpustakaan dari petugas, baik secara lisan maupun melalui brosur dan media lainnya. Tempat itu merupakan customer service yang terdepan di perpustakaan, dengan petugas yang lincah, terampil, ramah, dan berjiwa membimbing (users friendly).
  • Meja sirkulasi, adalah tempat pelaksanaan transaksi peminjaman dan pengembalian buku atau bahan pustaka lainnya serta penyelesaian administrasi. Sistem layanan sudah menggunakan komputer, maka di meja sirkulasi dapat disediakan fasilitas, informasi dan perangkat komputer untuk dipergunakan dalam memberikan layanan perpustakaan.
  • Administrasi keanggotaan, adalah pengurusan keanggotaan perpustakaan, bagi perpustakaan yang menerapkan sistem anggota. Semua prosedur, persyaratan dan proses keanggotaan dilaksanakan menurut ketentuan yang berlaku dan sedapat mungkin sederhana dan mudah dipenuhi.
  • Lemari (laci) katalog, untuk perpustakaan. Kartu katalog sebagai wakil dari koleksi untuk ditelusur, sebelum mencari ke tempat penyimpanan buku-bukunya. Informasi tentang semua koleksi secara ringkas tercantum dalam kartu-kartu katalog yang disimpan di tempat itu.
  • Peraturan dan tata tertib layanan, adalah ketentuan-ketentuan tentang syarat menjadi anggota, peminjaman, sanksi atas pelanggaran, dan pengaturan agar suasana di perpustakaan tertib dan tenang.

Kemudahan akses informasi dan sistem temu kembali informasi, agar pemanfaatan koleksi bisa optimal dan efisien. Semua itu merupakan media atau alat untuk memanfaatkan informasi di perpustakaan. Tetapi yang paling penting adalah petugas layanan yang mampu dan mumpuni dalam memandu pemakai.

Daftar Pustaka

Sutarno NS (2006). Manajemen Perpustakaan: suatu pendekatan praktik. Jakarta: Sagung Seto.

Pengembangan Sistem Layanan


loading...

About Redaksi

Kirimkan Tulisan anda tentang semua hal yang berkaitan dengan Perpustakaan dalam bentuk Artikel, Berita, Makalah, Lowongan Kerja Pustakawan, Seminar Perpustakaan, atau yang lain yang berkaitan dengan dunia perpustakaan ke email Redaksi : bicaraperpustakaan@gmail.com | Dan Jika ingin jadi bergabung untuk menjadi PENULIS dalam situs ini silahkan mendaftar ke link berikut ini http://bicaraperpustakaan.com/wp-login.php?action=register

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

loading...