Home / Artikel / Pentingnya Nilai Kepuasan Pemustaka

Pentingnya Nilai Kepuasan Pemustaka


Pentingnya Nilai Kepuasan Pemustaka – Salah satu yang harus dilakukan sebuah perpustakaan agar perpustakaan puas adalah menjaga hubungan yang harmonis dengan pemustaka.

Berikut ini beberapa manfaat yang diperoleh atas kepuasan pemustaka atau pemakai perpustakaan, yaitu:

  1. Hubungan antara perpustakaan dengan pemustakanya menjadi harmonis.
  2. Memberikan dasar yang baik bagi kunjungan ulang untuk datang ke perpustakaan.
  3. Mendorong terciptanya loyalitas pemustaka dalam memanfaatkan fasilitas pepustakaan.
  4. Membentuk suatu rekomendasi informal dari mulut ke mulut yang akan sangat baik bagi perpustakaan.
  5. Repustasi perpustakaan menjadi baik di mata pemustaka.
  6. Visi, misi dan tujuan perpustakaan akan mudah tecapai.

Supranto (2013) menyatakan bahwa pengukuran tingkat kepuasan erat hubungannya dengan mutu produk (barang atau jasa). Pengukuran aspek mutu ini bermanfaat untuk:

  1. Mengetahui dengan baik bagaimana jalannya atau bekerjanya suatu proses bisnis dalam lembaga.
  2. Mengetahui dimana harus melakukan perubahan untuk memuaskan pelanggan, terutama untuk hal-hal yang dianggap penting oleh pelanggan.
  3. Menentukan apakah perubahan yang dilakukan mengarah ke perbaikan (improvement).

Beberapa manfaat tersebut tentunya juga dapat dirasakan oleh perpustakaan, manakala perpustakaan fokus pada pencapaian kepuasan pemustaka. Kepuasan pemustaka menjadikan hubungan antara perpustakaan dan pemustaka akan lebih harmonis, kepuasan mendorong pemustaka untuk kembali memanfaatkan perpustakaan pada waktu-waktu selanjutnya, pemustaka menjadi memiliki kecintaan yang lebih pada perpustakaan, mendorong pemustaka untuk memberikan “kesaksian yang baik” tentang perpustakaan dan citra perpustakaan akan meningkat di mata pemustaka. Sedangkan dari sisi organisasi, perpustakaan mampu mengetahui bagaimana jalannya proses-proses yang ada, mengetahui sisi mana dari perpustakaan yang harus berubah ke arah yang lebih baik, dan mengetahui apakah perubahan yang telah dilakukan perpustakaan sudah mengarah kea rah perbaikan yang berkelanjutan.

Pada intinya layanan perpustakaan yang diberikan kepada pemustaka harus totalitas dalam menjamin dan memberikan kepuasan dari berbagai sisi mulai dari, keramahan pustakawan dan koleksi yang dimiliki mampu memenuhi kebutuhan pemustaka maupun strategi-strategi rujukan yang bisa diberikan ketika pemustaka tidak menemukan apa yang diinginkan di perpustakaan.

Daftar Pustaka

Rahayuningsih, Fransisca. (2015). Mengukur Kepuasan Pemustaka: Menggunakan Metode LibQual+TM. Yogyakarta: Graha Ilmu

Supranto. (2013). Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan. Jakarta: Rineka Cipta.

Pentingnya Nilai Kepuasan Pemustaka


About Redaksi

Kirimkan Tulisan anda tentang semua hal yang berkaitan dengan Perpustakaan dalam bentuk Artikel, Berita, Makalah, Lowongan Kerja Pustakawan, Seminar Perpustakaan, atau yang lain yang berkaitan dengan dunia perpustakaan ke email Redaksi : bicaraperpustakaan@gmail.com | Dan Jika ingin jadi bergabung untuk menjadi PENULIS dalam situs ini silahkan mendaftar ke link berikut ini http://bicaraperpustakaan.com/wp-login.php?action=register

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *