Home / Artikel / Prinsip Layanan Prima Perpustakaan

Prinsip Layanan Prima Perpustakaan


Prinsip Layanan Prima Perpustakaan – Sebuah layanan dinilai prima jika mematuhi beberapa prinsip. Prinsip merupakan tata nilai yang harus melekat pada layanan prima. Cornelius (2002) mengatakan bahwa sebuah pelayanan dinilai sebagai pelayanan prima jika desain dan prosedurnya mematui beberapa prinsip antara lain, yaitu:

  1. Mengutamakan pelanggan
  • Prosedur pelayanan harus disusun demi kemudahan dan kenyamanan pelanggan.
  • Pelayanan bagi pelanggan eksternal juga perlu diutamakan.
  • Pelayanan bagi pelanggan tak langsung juga penting untuk diutamkan.
  1. Sistem yang efektif
  • Sebuah sistem yang nyata, yaitu suatu tatanan yang memadukan hasil-hasil kerja dari berbagai unit organisasi.
  • Sebuah sistem yang “RAMAH”, yaitu satu tatanan yang mempertemukan manusia dengan yang lain. Petemuan semacam ini melibatkan sentuhan-sentuhan emosi, perasaan, harapan, harga diri, penilaian, sikap dan perilaku.
  • Agar berhasil merebut hati pelanggan, proses pelayanan harus berjalan efektif, artinya mengungkit munculnya kebanggaan pada diri petugas dan membentuk citra positif di mata pelanggan.
  1. Melayani dengan hati nurani
  • Dalam transaksi tatap muka dengan pelanggan yang utama adalah kesatuan sikap dan perilaku sesuai hati nurani. Perilaku yang dibuat-buat atau berlebihan sangat mudah dikenali pelanggan sehinggan akan memperburuk penilaian pelanggan. Sikap dan perilaku yang baik oleh petugas dapat menutupi kekurangan sarana dan prasaranan.
  1. Perbaikan berkelanjutan
  • Pelanggan dapat belajar mengenali kebutuhan dari proses pelayanan. Semakin baik pelayanan, tuntutannya juga semakin tinggi dan kebutuhannya semakin luas dan beragam. Fenomena aksi-reaksi antara mutu layanan dan tuntutan pelanggan akan terus bergulir cepat. Hal ini memacu petugas untuk meningkatkan mutu pelayanan secara terus-menerus.
  1. Memberdayakan pelanggan
  • Memberdayakan pelanggan berarti menawarkan jenis-jenis layanan yang dapat digunakan sebagai sumberdaya/perangkat tambahan oleh pelanggan untuk menyelesaikan persoalan hidup sehari-hari.

Selain hal diatas berikut ini merupakan prinsip pelayanan publik (prima) yang perlu diperhatikan dalam memeberikan pelayanan yang baik, diantaranya adalah:

loading...
  1. Kesederhanaan

Prosedur pelayanan yang mudah dipahami, dilaksanakan dan tidak berbelit-belit.

  1. Kejelasan
  • Persyaratan teknis yang jellas dan administrative pelayanan publik.
  • Unit kerja/pejabat yang berwenang dan bertanggung jawab dalam memberikan pelayanan jika terjadi masalah atau keluhan.
  1. Kepastian waktu

Pelaksanaan pelayanan dapat diselesaikan dalam kurun waktu yang telah ditetapkan

  1. Akurasi
  2. Produk layanan publik diterima dengan baik
  3. Keamanan
  4. Tanggung jawab

Pimpinan penyelenggara publik harus benar-benar bertanggung jawab atas penyelesaian persoalan atau keluhan dalam pelaksanaan pelayanan publik.

  1. Kelengkapan sarana dan prasarana
  2. Kemudahan akses
  3. Kedisiplinan, kesopanan dan keramahan

Pemberi pelayanan harus bersikap disiplin, sopan dan santun serta ramah.

  1. Kenyamanan

Lingkungan pelayanan harus bersih, tertib dan teratur dalam mendukung terciptanya suasana yang nyaman.

Berbagai hal tersebut diatas bisa diterapkan pada instansi pemerintah maupun non-pemerintah (swasta), termasuk juga pada perpustakaan yang merupakan unit pelayanan teknis dan merupakan lembaga pendukung pendidikan dalam terciptanya kesuksesan dalam proses belajar pada instansi yang menaunginya.

Daftar Pustaka

Achmad, Et all. (2012). Layanan Cinta: Perwujudan Layanan Prima Perpustakaan. Jakarta: Sagung Seto.

Prinsip Layanan Prima Perpustakaan


About Redaksi

Kirimkan Tulisan anda tentang semua hal yang berkaitan dengan Perpustakaan dalam bentuk Artikel, Berita, Makalah, Lowongan Kerja Pustakawan, Seminar Perpustakaan, atau yang lain yang berkaitan dengan dunia perpustakaan ke email Redaksi : bicaraperpustakaan@gmail.com | Dan Jika ingin jadi bergabung untuk menjadi PENULIS dalam situs ini silahkan mendaftar ke link berikut ini http://bicaraperpustakaan.com/wp-login.php?action=register

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

loading...