Home / Lowongan Kerja Pustakawan / Jabodetabek / Seleksi Terbuka Kepala Perpustakaan Nasional RI

Seleksi Terbuka Kepala Perpustakaan Nasional RI


Dikutip dari website resmi SDM Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tentang Lowongan menjadi Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas) 2016. Seleksi terbuka Kepala Perpustakaan Nasional RI ini terbuka untuk umum kepada putra-putri terbaik indonesia yang ingin memajukan dunia perpustakaan di tanah air. Simak pengumuman lengkapnya berikut ini:

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

REPUBLIK INDONESIA

PENGUMUMAN

NOMOR 104542/A.A3/KP/2016

SELEKSI TERBUKA JABATAN PIMPINAN TINGGI UTAMA

(KEPALA PERPUSTAKAAN NASIONAL)

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengundang putra putri terbaik bangsa Indonesia yang memenuhi syarat untuk mendaftarkan diri dan mengikuti seleksi terbuka pengisian jabatan pimpinan tinggi utama (Kepala Perpustakaan Nasional, eselon I.a).

A. TUGAS POKOK DAN FUNGSI

Tugas pokok dan fungsi Kepala Perpustakaan Nasional adalah sebagai berikut:

a. Tugas Pokok

  1. Memimpin PERPUSNAS sesuai dengan ketentuan peraturan perundangundangan yang berlaku;
  2. Menyiapkan kebijakan nasional dan kebijakan umum sesuai dengan tugas PERPUSNAS;
  3. Menetapkan kebijakan teknis pelaksanaan tugas PERPUSNAS yang menjadi tanggung jawabnya;
  4. Membina dan melaksanakan kerja sama dengan instansi dan organisasi lain.

b. Fungsi

  1. Pengkajian dan penyusunan kebijakan nasional di bidang perpustakaan;
  2. Koordinasi kegiatan fungsional dalam pelaksanaan tugas PERPUSNAS;
  3. Pelancaran dan pembinaan terhadap kegiatan instansi pemerintah di bidang perpustakaan;
  4. Penyelenggaraan pembinaan dan pelayanan administrasi umum di bidang perencanaan umum, ketatausahaan, organisasi dan tata laksana, kepegawaian, keuangan, kearsipan, persandian, perlengkapan, dan rumah tangga;

B. PERSYARATAN

loading...

1. Persyaratan umum

  • Berstatus Pegawai Negeri Sipil.
  • Pustakawan Madya dengan pangkat paling rendah Pembina Utama Muda, golongan ruang IV/c atau Pegawai Negeri Sipil yang pernah/sedang menduduki jabatan pimpinan tinggi utama/madya (eselon I) atau masih menduduki jabatan pimpinan tinggi pratama (eselon II) minimal 2 (dua) tahun.
  • Usia setinggi-tingginya 58 (lima puluh delapan) tahun pada saat mendaftar.
  • Setiap unsur penilaian prestasi kerja PNS bernilai baik dalam 2 (dua) tahun terakhir.
  • Tidak pernah dijatuhi hukuman disiplin tingkat sedang atau berat, serta tidak sedang menjalani hukuman disiplin/tidak dalam proses pemeriksaan pelanggaran disiplin sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.
  • Telah menyerahkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN).
  • Telah menyerahkan SPT Tahunan (tahun terakhir).
  • Mendapat persetujuan dari pejabat pembina kepegawaian yang bersangkutan.
  • Tidak memiliki afiliasi dan/atau menjadi anggota partai politik dan tidak pernah menjadi calon legislatif dari partai politik.
  • Mengajukan surat lamaran yang ditandatangani di atas materai Rp. 6.000,- yang ditujukan kepada Ketua Panitia Seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Kemendikbud.

2. Persyaratan khusus

  • Kualifikasi pendidikan paling rendah magister (S-2), atau magister terapan di bidang perpustakaan.
  • Memiliki pengalaman bekerja 10 tahun
  • Mampu berbahasa inggris baik lisan maupun tulisan
  • Memahami teknologi informasi

Simak dan download pengumuman resminya di http://sdm.kemdikbud.go.id/

 

Seleksi Terbuka Kepala Perpustakaan Nasional RI


About Redaksi

Kirimkan Tulisan anda tentang semua hal yang berkaitan dengan Perpustakaan dalam bentuk Artikel, Berita, Makalah, Lowongan Kerja Pustakawan, Seminar Perpustakaan, atau yang lain yang berkaitan dengan dunia perpustakaan ke email Redaksi : bicaraperpustakaan@gmail.com | Dan Jika ingin jadi bergabung untuk menjadi PENULIS dalam situs ini silahkan mendaftar ke link berikut ini http://bicaraperpustakaan.com/wp-login.php?action=register

2 comments

  1. Saya mencalonkan bapak Deddy Junaedii sebagai kepala perpustakaaan nasional ri …..karena bpk deddy junaedi mempunyai dedikasi dan komitmen yang tinggi dalam membangun dunia perpustakaan dan kepustakawanan di indonesia,beliau juga mempunyai pengalaman yang cukup tinggi dalam memanage / mengelola dunia kepustakawanan dan perpustakaan…. secara keilmuan beliau mempunyai wawasan yang sangat luas dalam membangun, mengelola perpustakaan dan kepustakawanan …… sebagai Ketua PP Ikatan Pustakawan Indonesia beliau telah membangun organisasi ini dengan baik mengarah kepada kesatuan dan persatuan pustakawan di Indonesia………jiwa ngemong beliau sangat tinggi…… komunikasi dan koordinasi / komitmen pun beliau bangun dengan baik terhadap staf, pandangn2an beliaupun sangat respek terhadap pengembangan dan kemajuan perpustakaan dan kepustakawanan di Indonesia yang mendasari kepada tujuan utama perpustakaan yaitu mengembangkan dan membangkitkan minat baca masyarakat Indonesia kearah salah tujuan negara yaitu – ” IKUT MENCERDASKAN KEHIDUPAN BANGASA ”
    SEMOGA ALLAH SWT …….Meridhoi……. AMIN YRA.

    • Siapapun nantinya yang akan jadi Kepala Perpustakaan NAsional RI semoga bisa lebih memahami bagaimana keadaan perpustakaan-perpustakaan yang ada pada tiap daerah, entah itu perpustakaan sekolah maupun taman baca-taman baca masyarakat, tentang bagaimana memasyarakatkan membaca kepasa masyarakat, tentang pentingnya sebuah perpustakaan dan pustakawan bagi dunia akademik maupun non-akademik, bukan yang hanya lebih senang jalan-jalan keluar negeri dengan alasan study banding atau apa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

loading...