Home / Artikel / Tipe Sifat dan Karakter Pemakai Perpustakaan

Tipe Sifat dan Karakter Pemakai Perpustakaan


Tipe Sifat dan Karakter Pemakai Perpustakaan – Menurut Qalyubi dkk (2003) menyatakan ada berbagai sifat dan karakter pemakai/pemustaka yang perlu dipahami agar tenaga perpustakaan/pustakawan dapat menghadapinya dengan baik. Berikut ini beberapa karakter dan cara menghadapinya:

  1. Pemakai yang pendiam, dapat dihadapi dengan cara meyambut dengan ramah tamah dan mencoba menarik perhatiannya.
  2. Pemakai yang tidak sabar, dapat diatasi dengan cara mengatakan kepada mereka bahwa kita akan membantunya semaksimal mungkin dan sesegera mungkin serta mengucapkan terima kasih dan memohon maaf atas ketidaknyamanan dalam pelayanan perpustakaan.
  3. Pemakai yang banyak bicara, diatasi dengan cara mengenali pemakai dengan mengucapkan salam, menawarkan bantuan, dan mengalihkan perhatian pada hal-hal yang ditawarkan dengan penjelasan yang cukup.
  4. Pemakai yang banyak permintaan, diatasi dengan cara mengucapkan salam apabila pemakai tersebut datang ke counter kita, mendengarkan permintaannya, segera memenuhi permintaan pemakai, meminta maaf dan menyarankan altenatif lain, serta tersenyum setiap saat meskipun kita merasa jengkel.
  5. Pemakai yang ragu, dapat diatasi dengan cara menanamkan kepercayaan, bersikap tenang, dan tidak memberikan terlalu banyak pilihan pada pemakai, dan mencoba mengikuti selera pemakai.
  6. Pemakai yang senang membantah atau mendebat, dapat diatasi dengan cara bersikap tenang, tidak menunjukkan reaksi apabila pemakai tersebut berada pada pihak yang salah, mengemukakan argument yang masuk akal agar pemakai menghargai kita, dan tidak boleh terpancing untuk berdebat.
  7. Pemakai yang lugu, dapat diatasi dengan cara menerima pemakai apa adanya, meluangkan waktu untuk membantu dengan menanyakan keperluannya, dan melayaniberdasarkan permintaan serta tidak membohongi pemakai.
  8. Pemakai yang siap mental, diatasi dengan cara membiarkan pemakaimemilih yang disukai, tidak banyak bertanya, memuji pemakai, dan mengucapkan terima kasih atas kedatangannya.
  9. Pemakai yang curiga, diatasi dengan cara mengusahakan untuk memberikan jaminan yang baik kepada pemakai serta memberikan kesempatan untuk menukarkan kembali yang telah diperolehnya, jangan menunjukkan sikap seolah-olah petugas lebih unggul atau ragu-ragu ataupun bingung.
  10. Pemakai yang sombong, diatasi dengan cara bersikap tenang, memuji kedatangannya, tetap sabar menghadapi segala sikapnya, tidak menanggapi terlalu serius, dan memberikan kesan bahwa pemakai tersebut perlu dihormati.


Daftar Pustaka

Qalyubi, Syihabudin dkk (2003). Dasar-dasar Ilmu Perpustakaan dan Informasi. Yogyakarta: Jurusan Ilmu Perpustakaan dan Informasi, Fakultas Adab UIN Sunan Kalijaga.

Tipe Sifat dan Karakter Pemakai Perpustakaan


About Redaksi

Kirimkan Tulisan anda tentang semua hal yang berkaitan dengan Perpustakaan dalam bentuk Artikel, Berita, Makalah, Lowongan Kerja Pustakawan, Seminar Perpustakaan, atau yang lain yang berkaitan dengan dunia perpustakaan ke email Redaksi : bicaraperpustakaan@gmail.com | Dan Jika ingin jadi bergabung untuk menjadi PENULIS dalam situs ini silahkan mendaftar ke link berikut ini http://bicaraperpustakaan.com/wp-login.php?action=register

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *