Home / Artikel / Tips Membangun Karakter Pemustaka

Tips Membangun Karakter Pemustaka


Tips Membangun Karakter Pemustaka – Pemustaka adalah aset perpustakaan, sehingga keikutsertaan perpustakaan dalam membangun karakter adalah wajar. Mereka adalah anak bangsa, yang harus memiliki karakter yang tangguh. Berikut ini adalah tips untuk membangun karakter mereka perlu dilakukan hal-hal berikut ini:

  • Sahabat perpustakaan

Sahabat perpustakaan merupakan sekelompok pemustaka yang memanfaatkan fasilitas perpustakaan. Mereka mengadakan bedah buku dan kegiatan lain yang berkaitan dengan perpustakaan. Dalam hal ini perpustakaan akan membantu tempat dengan segala fasilitasnya dan snack. Umumnya mereka adalah himpunan-himpunan mahasiswa jurusan. Dengan sahabat perpustakaan mereka merasa memiliki perpustakaan yang harus dimanfaatkan secara maksimal. Mereka secara tidak langsung dapat bertindak sebagai ajang promosi perpustakaan, paling tidak untuk memanfaatkan fasilitas ruang. Ruang ini dibanguna agar dimanfaatkan untuk mengembangkan pengetahuan, intelektual dan kegiatan yang mengembangkan diri pemustaka. Sahabat perpustakaan sangat membantu untuk mengembangkan perpustakaan. Mereka membantu mempromosikan kegiatan perpustakaan.

  • Disiplin pengembalian buku

Peraturan perpustakaan dibuat agar pemustaka senantiasa disiplin memanfaatkan koleksi dan fasilitas perpustakaan, misalnya denda. Denda diciptakan bukan untuk mendapatkan uang. Denda diberikan bagi yang terlambat mengembalikan koleksi agar mereka sadar bahwa koleksi perpustakaan adalah milik pemustaka yang lain juga. Koleksi perpustakaan adalah milik mereka semua. Kebiasaan disiplin inilah yang sengaja dibangun, karena sukses selalu dibangun dari disiplin. Disiplin memimpin diri. Disiplin menghargai orang lain. Disiplin mengatur waktu. Dengan kebiasaan disiplin yang terus dibangun saat kuliah, akan membuat karakter disiplin. Karakter ini sangat penting untuk menghadapi kehidupan berikutnya. Karakter inilah yang akan menentukan kesuksesan mereka.

  • Berpakaian rapi

Berpakaian rapi merupakan cermin pribadi yang disiplin, cerdas, teratur dan pribadi yang mau menghargai orang lain. Berpakaian rapi menunjukkan citra diri yang bertanggung jawab. Dengan berpakaian rapi akan mengimbangi suasana perpustakaan yang ramah dengan bunga dan taman-taman mini indah nan menawan. Suasana perpustakaan juga akan semakin semarak dan menyenangkan karena penampilan pemustaka yang rapi.

  • Pernyataan inspiratif

Pernyataan inspiratif dipasang di tempat-tempat yang strategis sehingga mudah untuk dibaca. Pernyataan ini ditulis dengan huruf yang menarik sehingga ada daya tarik untuk membacanya. Setelah dibaca pernyataan tersebut akan dapat bertahan dalam otak bawah sadar pemustaka. Karena melekat di otak bawah sadar, pernyataan itu mempengaruhi sikap mereka. Pernyataan ini selalu memotivasi untuk dapat memanfaatkan perpustakaan dengan baik. Suatu pernyataan yang mendorong pemustaka untuk menguasai ilmu pengetahuan. Ilmu pengetahuan adalah kekuatan dan kekuasaan. Siapa yang berilmu pengetahuan, mereka akan memiliki kekuatan dan kekuasaan untuk melakukan apa yang diinginkan. Pernyataan inspiratif ini sebagai upaya untuk selalu mengingatkan pemustaka agar selalu berbuat kebajikan.

Tips Membangun Karakter Pemustaka


About Redaksi

Kirimkan Tulisan anda tentang semua hal yang berkaitan dengan Perpustakaan dalam bentuk Artikel, Berita, Makalah, Lowongan Kerja Pustakawan, Seminar Perpustakaan, atau yang lain yang berkaitan dengan dunia perpustakaan ke email Redaksi : bicaraperpustakaan@gmail.com | Dan Jika ingin jadi bergabung untuk menjadi PENULIS dalam situs ini silahkan mendaftar ke link berikut ini http://bicaraperpustakaan.com/wp-login.php?action=register

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *