Home / Artikel / Koleksi Perpustakaan Digital

Koleksi Perpustakaan Digital


Koleksi perpustakaan digital tentunya terdiri dari dokumen digital atau dokumen elektronik. Dokumen elektronik ini mempunyai format bermacam-macam antara lain format html (hypertext mark up language), PDF (Portable Document Format), MS-Word (Microsoft Word) ataupun Microsoft Excel. Sedangkan dokumen gambar (grafis) kita sering jumpai dalam format JPEG, GIF, PNG dan lain sebagainya.

Sedangkan media untuk menyimpan koleksi digital atau elektronik ini bermacam-macam antara lain:

  1. Ada yang disimpan melalui software atau aplikasi Institusional Repository didalam harddisk komputer (internal) yang dijadikan server yang hanya bisa diakses melalui local area network (LAN) disekitar area yang saling dihubungkan.
  2. Koleksi digital bisa juga disimpan di dalam media yang bisa bebas dibawa kemana-mana seperti harddisk eksternal, disket, CD atau CD-ROM ataupun DVD, dan flash disk atau dikenal juga dengan nama handy drive.
  3. Selain kedua hal diatas, koleksi digital atau dokumen elektronik bisa juga disimpan secara virtual di server internet melalui berbagai software atau aplikasi Institusional Repository. Jadi tidak perlu secara fisik membawa dokumen tersebut jika kita membutuhkan tinggal mencari koneksi ke internet, maka kita dapat memperoleh dokumen yang kita inginkan.

Sedangkan untuk software atau aplikasi yang bisa digunakan untuk menyimpan atau mengelola koleksi digital bisa menggunakan berbagai macam software yangsudah tersedia di internet yang bisa digunakan secara gratis dan open source, seperti misal Open Journal System (OJS), EPrints, Omeka, atau Dspace. Semua aplikasi tersebut bisa digunakan secara bebas untuk kebutuhan Institusional Repository sebuah lembaga pendidikan ataupun non-pendidikan yang ingin koleksi digitalnya bisa lebih terorganisir baik dalam penyimpanan, pengolahan dan pemanfaatannya.

Jika koleksi digital sudah disimpan didalam sebuah wadah dengan tata cara pengelolaan yang tepat maka dalam hal temu kembali sumber informasi akan mudah dilakukan sebagai goal atau tujuan utama pembentukan Institusional Repository. Terkait dengan pemilihan aplikasi apa yang tepat untuk diimplementasikan atau diterapkan sebagai wadah koleksi digital diperlukan terlebih dulu riset mengenai kekurangan dan kelebihan sebuah aplikasi untuk diterapkan.

Koleksi Perpustakaan Digital


About Redaksi

Kirimkan Tulisan anda tentang semua hal yang berkaitan dengan Perpustakaan dalam bentuk Artikel, Berita, Makalah, Lowongan Kerja Pustakawan, Seminar Perpustakaan, atau yang lain yang berkaitan dengan dunia perpustakaan ke email Redaksi : bicaraperpustakaan@gmail.com | Dan Jika ingin jadi bergabung untuk menjadi PENULIS dalam situs ini silahkan mendaftar ke link berikut ini http://bicaraperpustakaan.com/wp-login.php?action=register

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *