Home / Artikel / Kompetensi Pustakawan

Kompetensi Pustakawan


Kompetensi Pustakawan – Pengertian kompetensi Pustakawan, terdapat 2 (dua) kosa kata yang terkait kompetensi yaitu kompeten dan kompetensi. Dalam Longman Dictionary of Contemporary English (1995) Competence:

  • The ability and skill to do what is needed
  • The special area of knowledge
  • A skill is needed to do a particular job

Sedangkan kata competent:

  • Having enough skill or knowledge to do something to a satisfactory standard
  • A piece work, performance etc that is competent is satisfactory but not especially good.

Kata-kata tersebut dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (1993) kata-kata “kompetensi” bermakna kewenangan (kekuasaan) untuk menentukan (memutuskan) sesuatu. Sedangkan “kompeten” bermakna:

  • Cakap (mengetahui)
  • Berwenang, berkuasa (memutuskan, menentukan) sesuatu

Masyarakat Kelistrikan Indonesia meruuskan kompetensi (competence) adalah kemampuan untuk melaksanakan suatu tugas/ pekerjaan yang didasari atas pengetahuan, keterampilan, dan sikap sesuai dengan unjuk kerja yang dipersyaratkan. Sedangkan menurut Mirabile kompetensi sebagai pengetahuan, dan keterampilan yang dituntut untuk melaksanakan dan/atau untuk menunjang pelaksanaan pekerjaan, yang merupakan dasar bagi penciptaan nilai dalam suatu organisasi (Saleh, 2004: 2)

loading...

Bambang Supriyo Utomo (2004) menyataan bahwa kompetensi adalah kemampuan, pengetahuan dan keterampilan, sikap, nilai perilaku dan karakteristik seseorang yang diperlukan untuk melaksanakan pekerjaan tertentu dengan tingkat kesuksesan secara optimal.

Hasil Diskusi Komisi II Rapat Koordinasi Pengembangan Jabatan Fungsional Pustakawan dengan Pemerintah Provinsi, Kabupaten/ Kota seluruh Indonesia yang diselenggarakan oleh Perpustakaan Nasional RI, merumuskan bahwa kompetensi secara umum adalah “kemampuan, pengetahuan, dan ketrampilan, sikap, nilai perilaku serta karakteristik pustakawan yang diperlukan untuk melaksanakan pekerjaan secara optimal”.

Dengan kata lain, seorang pustakawan harus memiliki kemampuan, pengetahuan, dan ketrampilan, sikap, nilai, perilaku serta karakteristik pustakawan untuk melaksanakan pekerjaan memberikan layanan kepada pengguna. Dengan adanya kompetensi yang seharusnya dimiliki pustakawan, akan menjamin terwujudnya layanan yang bermutu. Oleh karena itu, untuk menjadi pustakawan harus ada persyaratan minimal yang dimiliki dan sesudah menjadi pustakawan harus berupaya meningkatkan kompetensi tersebut. Kompetensi pustakawan harus selalu ditingkatkan secara berkelanjutan.

Kompetensi Pustakawan


About Redaksi

Kirimkan Tulisan anda tentang semua hal yang berkaitan dengan Perpustakaan dalam bentuk Artikel, Berita, Makalah, Lowongan Kerja Pustakawan, Seminar Perpustakaan, atau yang lain yang berkaitan dengan dunia perpustakaan ke email Redaksi : bicaraperpustakaan@gmail.com | Dan Jika ingin jadi bergabung untuk menjadi PENULIS dalam situs ini silahkan mendaftar ke link berikut ini http://bicaraperpustakaan.com/wp-login.php?action=register

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

loading...