Home / Artikel / Pengertian Standar Kompetensi Pustakawan

Pengertian Standar Kompetensi Pustakawan


Pengertian Standar Kompetensi Pustakawan – Standar kompetensi adalah menyangkut norma, teknis dan pengakuan untuk melakukan jasa profesi. Standar kompetensi akan dapat:

  1. Sebagai tolak ukur keberhasilan kinerja anggota profesi.
  2. Sebagai pembeda tanggung jawab profesi.
  3. Sebagai sarana untuk melindungi konsumen, terutama para pemakai jasa profesi.

Membuat standar kompetensi bukan pekerjaan mudah, harus dilakukan dengan seksama dan hati-hati dengan mempertimbangkan beberapa kepentingan, baik pengguna jasa maupun kepentingan anggota profesi itu sendiri. Pembuatan standar kompetensi sangat terakit dengan lembaga pendidikan profesi kesiapan lembaga pendidikan, baik dari segi tenaga pendidik, tenaga kependidikan, sarana dan prasarana maupun kondisi budaya belajar, agar calon anggota profesi kelak dapat menjadi tenaga profesional dan memiliki profil sesuai dengan yang diharapakan oleh standar kompetensi yang ada. Adalah mustahil suatu standar akan terpenuhi jika lembaga yang melahirkan suatu profesi itu tidak atau belum dipersiapkan kepada hal yang mengarah kepada standar kompetensi tertentu.

Proses penyusunan standar kompetensi merupakan bagian penting dan mempertimbangkan berbagai aspek. Dalam penyusunan standar kompetensi harus melibatkan berbagai pihak agar dapat menghasilkan standar kompetensi yang berkualitas yang dapat diterima oleh berbagai pihak, baik anggota profesi maupun masyarakat pengguna jasa profesi. Beberapa hal yang penting yang harus diperhatikan dalam penyusunan standar kompetensi, yaitu:

  1. Visi dan misi lembaga.
  2. Produk layanan yang disediakan.
  3. Konsumen atau masyarakat yang dilayanai.
  4. Sumberdaya manusia yang tersedia.
  5. Sarana dan prasarana yang tersedia.

Manfaat standar kompetensi dapat berperan sebagai alat pembinaan bagi anggota profesi dan alat untuk meningkatkan kualitas layanan kepada masyarakat pengguna jasa. Penyusunan standar profesi pada hakikatnya merupakan bagian dari upaya perwujudan pelayanan yang lebih berkualitas kepada masyarakat.

Sedangkan pengertian dari Standar kompetensi pustakawan ialah kriteria minimal kompetensi pustakawan yang dikeluarkan oleh organisasi profesi. Standar kompetensi pustakawan berisi norma-norma, teknis kemampuan, dan pembakuan dalam upaya peningkatan kualitas layanan. Dengan adanya standar kompetensi, kita dapat membedakan mana pekerjaan profesi, dan mana yang bukan. Adanya standar kompetensi juga akan memupuk sikap bagi anggota profesi untuk dapat memberikan layanan profesional sesuai dengan standar yang telah ditentukan oleh organisasi profesi.

Standar kompetensi pustakawan mengandung beberapa pengertian. Untuk mendapat pemahaman yang lebih jelas, dibawah ini akan disajikan beberapa pengertian standar kompetensi sebagai berikut ini:

  1. Standar kompetensi perpustakaan adalah kriteria minimal tentang kompetensi pustakawan Indonesia yang berlaku di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  2. Standar kompetensi pustakawan adalah tolak ukur yang digunakan untuk acuan penilaian kualitas pustakawan dalam bentuk formulasi dari komitmen atau janji pustakawan kepada masyarakat. Dengan kata lain standar kompetensi pustakawan adalah suatu dokumen yang berisi komitmen dan jaminan kualitas pustakawan sebagai pelayanan informasi yang terdapat berbagai jenis bahan pustaka.

 

Pengertian Standar Kompetensi Pustakawan


About Redaksi

Kirimkan Tulisan anda tentang semua hal yang berkaitan dengan Perpustakaan dalam bentuk Artikel, Berita, Makalah, Lowongan Kerja Pustakawan, Seminar Perpustakaan, atau yang lain yang berkaitan dengan dunia perpustakaan ke email Redaksi : bicaraperpustakaan@gmail.com | Dan Jika ingin jadi bergabung untuk menjadi PENULIS dalam situs ini silahkan mendaftar ke link berikut ini http://bicaraperpustakaan.com/wp-login.php?action=register

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *