Home / Artikel / Tujuan Peningkatan Kompetensi Pustakawan

Tujuan Peningkatan Kompetensi Pustakawan


Tujuan Peningkatan Kompetensi Pustakawan – Kompetensi yang dimiliki oleh suatu profesi, termasuk profesi pustakawan harus selalu dipelihara dan ditangkatkan. Tujuan peningkatan kompetensi secara umum adalah untuk:

  1. Mengikuti perkembangan zaman

Sebagaimana telah dikemukakan sebelumnya bahwa peubahan yang terjadi harus disikapi dan diikuti oleh semua profesi, termasuk profesi pustakawan. Pustakawan Indonesia seharusnya memiliki standar kompetensi, baik standar nasional, maupun internasional. Dengan adanya standar kompetensi itu, diharapkan pustakawan dapat meningkatkan kualistasnya. Standar kompetensi diperlukan agar dapat berperan sesuai dengan tuntutan kebutuhan dan perkembangan zaman;

  1. Mengikuti kemajuan di bidang Iptek

Kemajuan di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi sekarang ini, telah mengakibatkan adanya pergeseran teknologi yang digunakan, baik oleh masyarakat, maupun oleh pustakawan. Penggunaan teknologi dalam pengelolaan informasi telah meningkatkan jumlah kebutuhan masyarakat akan informasi. Kebutuhan akan informasi ini, membawa implikasi yang luas dan kompleks terhadap peran pustakawan sebagai pelayan informasi. Oleh karena itu, pustakawan Indonesia dituntut untuk terus meningkatkan kompetensinya, yaitu dengan cara meningkatkan kemampuan, pengetahuan dan keterampilan yang tinggi, sehingga pustakawan Indonesia dapat memberikan layanan kepada masyarakat secara optimal. Konsep “just in case” dalam pengadaan dan layanan informasi layanan sudah berubah menjadi “just in time”.

  1. Memenangkan persaingan dan mengantisipasi perdagangan bebas

Peningkatan kompetensi pustakawan diperlukan untuk memenangkan persaingan dan mengantisipasi perdagangan bebas. Dalam era perdagangan bebas, tenaga asing (dari luar negeri) dapat peluan untuk bekerja di Negara kita. Oleh karena itu, dalam mengantisipasi berlakunya AFTA, APEC dan sejenisnya, perlu adanya upaya untuk meningkatkan kompetensi Pustakawan Indonesia. Dengan adanya peningkatan itu, diharapkan peluang pekerjaan baru di lingkungan perpustakaan di Negara kita, tidak diisi oleh tenaga dari luar, tetapi diisi oleh tenaga pustakawan kita sendiri. Dengan memiliki kompetensi yang standar Pustakawan Indonesia akan memiliki peluang untuk ikut merebut pasar yang ada, tidak hanya dalam negeri tetapi juga di luar negeri.

  1. Meningkatkan profesionalisme pustakawan

Selaras dengan kemajuan, pertumbuhan dan perkembangan perpustakaan di Indonesa terus meningkat. Populasi pengguna jasa informasi, dari hari ke hari terus meningkat, bervariasi, multi aspek, mereka meminta pemenuhan kebutuhan akan informasi dengan segera (instant). Hal ini menuntut agar pustakawan Indonesia bekerja secara professional, mengkaji, dan memperhatikan kebutuhan informasi masyarakat. Secara khusus tujuan peningkatan kompetensi pustakawan, adalah untuk meningkatkan profesionalisme sebagai pelayan informasi dapat yang bermutu sesuai dengan tuntutan dan kebutuhan pengguna jasa perpustakaan.

Dalam upaya meningkatkan profesionalisme pustakawan, komponen yang harus diperhatikan dalam peningkatan kompetensi antara lain:

  • Penguasaan pengetahuan, keterampilan dan kemampuan, serta integritas pustakawan
  • Kewenangan dan tanggung jawab yang diberikan kepada pustakawan
  • Kesesuaian dan persyaratan kerja pustakawan
  • Pengakuan dan jaminan formal pustakawan kepada masyarakat
  • Standar dan prosedur kerja pustakawan
  • Standar kinerja (kualitas dan kuantitas) yang harus dicapai oleh pustakawan
  • Sarana dan prasarana untuk peningkatan kualitas pustakawan (pendidikan formal dan nonformal)
  • Perangkat organisasi kompetensi pustakawan.

Di samping upaya peningkatan kompetensi pustakawan, diperlukan pula adanya suatu Standar Nasional Kompetensi Pustakawan Indonesia (SNKPI). Dengan adanya standar tersebut, dharapkan pustakawan Indonesia dapat secara terus menerus meningkatkan pengetahuan, ketrampilan, dan integritas pribadinya sampai mencapai standar kompetensi yang telah ditentukan.

Tujuan Peningkatan Kompetensi Pustakawan


About Redaksi

Kirimkan Tulisan anda tentang semua hal yang berkaitan dengan Perpustakaan dalam bentuk Artikel, Berita, Makalah, Lowongan Kerja Pustakawan, Seminar Perpustakaan, atau yang lain yang berkaitan dengan dunia perpustakaan ke email Redaksi : bicaraperpustakaan@gmail.com | Dan Jika ingin jadi bergabung untuk menjadi PENULIS dalam situs ini silahkan mendaftar ke link berikut ini http://bicaraperpustakaan.com/wp-login.php?action=register

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *