Home / SLiMS / Plugin Upload Karya Ilmiah Mandiri SETIADI

Plugin Upload Karya Ilmiah Mandiri SETIADI


Plugin Upload Karya Ilmiah Mandiri SETIADI – Sekarang ini, upload karya ilmiah secara mandiri oleh pengguna perpustakaan sudah menjadi trend tersendiri dalam memberikan layanan prima sebuah perpustakaan. Hal tersebut dilakukan oleh perpustakaan untuk memberikan trust atau kepercayaan kepada pengguna perpustakaan/pemustaka dalam membantu mengembangkan layanan yang ada di perpustakaan. Selain itu, pengguna perpustakaan juga diberikan kelonggaran waktu dalam menyelesaikan salah satu persyaratan ujian atau wisuda karena pengguna diberikan kebebasan dalam menyetorkan karya ilmiah (Skripsi, Thesis, Disertasi) dengan cara upload mandiri dimana ketika datang ke perpustakaan untuk validasi data tidak perlu mengantri berlama-lama karena pustakawan tidak perlu lagi mengecek CD karya ilmiah masing-masing pengguna perpustakaan.

Kali ini redaksi bicara perpustakaan akan membahas tentang plugin upload karya ilmiah secara mandiri pada SETIADI karya Ilham Armono. Bagi anda yang belum tahu apa itu SETIADI, silahkan baca terlebih dahulu di Membangun Institutional Repository Berbasis SETIADI. Sebelum memasang plugin ini silahkan download terlebih dulu pluginnya di GoSlims.net.

Berikut ini adalah langkah-langkah dalam memasang plugin upload karya ilmiah mandiri:

1. Buka folder etd/admin/modules/karya_ilmiah/ dan cari file “index.php”, setelah ketemu lalu rename file tersebut misalnya menjadi index_asli.php atau yang lainnya.

Gambar 1. File index.php

2. Copy file “index.php” yang telah di edit di dalam folder yang sudah di download tadi ke dalam folder: etd/admin/modules/karya_ilmiah/ untuk menggantikan index.php yang sudah di rename tadi.

Gambar 2. File index.php baru

loading...

3. Silahkan Login ke ETD SETIADI sebagai admin/ administrator.

4. Pilih menu “System” lalu pilih submenu “Kelompok Pengguna”, kemudian Buat Kelompok Pengguna Baru misalnya: Mahasiswa

untuk pengaturan hak akses pilih/ centang modul Karya Ilmiah saja (Read & Write) selanjutnya simpan.

Gambar 3. Menu System

5. Masih di dalam menu System admin / administrator kemudian pilih submenu “Student&System User”, kemudian tambah pengguna misalnya nama pengguna perpustakaan (pilih/centang pada kelompok : mahasiswa) dan simpan

Gambar 4. Edit Menu Kelompok Pengguna

Gambar 5. Edit Menu Student&System User

Perhatikan “Nama masuk pengguna” merupakan username untuk Login. Pada kasus diatas Nama masuk pengguna dan sandi (password) dibuat NIM dari pengguna perpustakaan yang bersangkutan. Jika sudah berhasil maka akan muncul seperti ini:

Gambar 6

6. Logout dari halaman admin / administrator.

7. Login sebagai user baru yang sudah dibuat tadi.

8. Pilih menu Karya Ilmiah dan Unggah Karya Ilmiah mahasiswa secara mandiri.

9. Selamat mencoba!

 

Plugin Upload Karya Ilmiah Mandiri SETIADI

 

 


About Redaksi

Kirimkan Tulisan anda tentang semua hal yang berkaitan dengan Perpustakaan dalam bentuk Artikel, Berita, Makalah, Lowongan Kerja Pustakawan, Seminar Perpustakaan, atau yang lain yang berkaitan dengan dunia perpustakaan ke email Redaksi : bicaraperpustakaan@gmail.com | Dan Jika ingin jadi bergabung untuk menjadi PENULIS dalam situs ini silahkan mendaftar ke link berikut ini http://bicaraperpustakaan.com/wp-login.php?action=register

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *