Home / Artikel / Indonesia One Search sebagai Aplikasi NoPlagiarism

Indonesia One Search sebagai Aplikasi NoPlagiarism


Indonesia One Search sebagai Aplikasi NoPlagiarism – Indonesia OneSearch atau sering disebut dengan IOS adalah sebuah portal web koleksi bibliografi dan fullteks yang datanya dikumpulkan dari anggota yang sudah mendaftar dengan metode harvesting dari repositori online mereka. Portal ini bisa disebut juga sebagai “Summon” untuk pencarian satu pintu untuk seluruh koleksi elektronik yang dimiliki sebuah perpustakaan. Hal ini sangat memungkinkan untuk pengguna dalam mencari dan mengakses koleksi elektronik seluruh perpustakaan yang tergabung melalui satu pintu (One Stop Searching).

Tidak seperti portal-portal sebelumnya yang sudah pernah ada dalam upaya menyatukan koleksi-koleksi perpustakaan yang ada di Indonesia namun pada akhirnya tidak ada perkembangan atau bisa dikatakan gagal dan berhenti dengan berbagai alasan. IOS ini sudah bisa dipastikan akan terus dikembangkan karena sarana hardware yang dijadikan server dimiliki dan di maintenance langsung oleh Perpusnas.

Melalui Indonesia OneSearch, setiap orang dapat dengan mudah mengakses dan memanfaatkan koleksi digital seluruh perpustakaan di Indonesia yang tergabung dalam IOS. Pengguna dapat membaca maupun mendownload fullteks, melihat video, bahan pembelajaran, dll sesuai kebijakan yang diterapkan di masing-masing perpustakaan.

(Baca juga: Strategi Pengembangan Repositori Institusi)

Indonesia OneSearch memeliki beberapa kelebihan diantaranya:

1. Bisa mengindeks seluruh jenis koleksi perpustakaan (Katalog Buku, Jurnal, Skripsi, Tesis, Disertasi).

2. Interoperability dan update:

  • OAI-PMH (Harvesting), satu-satunya metode harvesting.
  • OAI-PMH (Posting), metode posting offline.
  • Otomatis update.

3. Mudah digunakan oleh pengguna (user interface) dalam mencari informasi dengan berbagai fitur-fiturnya.

4. Mobile friendly, hal ini sangat cocok dengan pengguna saat ini yang kebanyakan sudah generasi millennial yang sangat berorientasi pada pengguna.

Indonesia OneSearch sangat mendukung berbagai jenis sistem aplikasi yang dimiliki masing-masing perpustakaan seperti misal SLiMS, Inlislite, GDL, Koha, MySIPISIS, EPrints, Dspace, dll dapat dengan mudah bergabung menjadi anggota Indonesia OneSearch melalui fitur OAI-PMH (Harvesting) yang sudah disediakan IOS.

Melalui Road Map yang disampaikan langsung oleh Ismail Fahmi, P.hD (Inisiator IOS) dalam seminarnya “Indonesia OneSearch: Satu pintu Pencarian untuk Seluruh Perpustakaan Berbasis SLiMS di Indonesia” di Malang.

“Pada tahapan ketiga dalam proses pengembangan IOS memiliki target membangun sistem plagiarism detector, mengindeks news, Wikipedia, blogs, dan seluruh fullteks untuk plagiarism detector (bisa dikatakan paling lengkap untuk teks dalam bahasa indonesia), menyediakan infrastruktur server dan data center untuk plagiarism detector, membangun interface seperti Turnitin untuk pengguna di Perguruan Tinggi, lembaga riset maupun individual.”

Salah satu kelebihan Indonesia OneSearch sebagai aplikasi NoPlagiarism adalah dia dapat mengindeks artikel ataupun koleksi lainnya yang berbahasa indonesia yang tidak dimiliki oleh Turnitin yang sebagian besar koleksinya berbahasa inggris.

Dengan kata lain, jika semua koleksi perpustakaan di Indonesia sudah tergabung dalam IOS sudah bisa dipastikan bahwa target pengembangannya sudah terlaksana untuk mendukung sebagai sebuah aplikasi NoPlagiarism. Mari kita dukung Indonesia OneSearch dalam pengembangannya dengan cara bergabung menjadi anggota untuk mendukung program Indonesia NoPlagiarism.

Cara bergabung dengan Indonesia OneSearch silahkan dibaca di Indonesia OneSearch Wiki

Daftar Pustaka

Tentang OneSearch. Web. Diakses tanggal 25 Oktober 2017. http://wiki.onesearch.id/doku.php?id=onesearch

Indonesia OneSearch: Satu pintu Pencarian untuk Seluruh Perpustakaan Berbasis SLiMS di Indonesia. Web. Diakses tanggal 25 Oktober 2017.

https://www.slideshare.net/IsmailFahmi3/indonesia-onesearch-satu-pintu-pencarian-untuk-seluruh-perpustakaan-berbasis-slims-di-indonesia

Indonesia One Search sebagai Aplikasi NoPlagiarism


About Redaksi

Kirimkan Tulisan anda tentang semua hal yang berkaitan dengan Perpustakaan dalam bentuk Artikel, Berita, Makalah, Lowongan Kerja Pustakawan, Seminar Perpustakaan, atau yang lain yang berkaitan dengan dunia perpustakaan ke email Redaksi : bicaraperpustakaan@gmail.com | Dan Jika ingin jadi bergabung untuk menjadi PENULIS dalam situs ini silahkan mendaftar ke link berikut ini http://bicaraperpustakaan.com/wp-login.php?action=register

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *