Home / Artikel / Kecepatan Layanan Informasi Melalui Multimedia dan Teknologi

Kecepatan Layanan Informasi Melalui Multimedia dan Teknologi


Kecepatan Layanan Informasi Melalui Multimedia dan Teknologi – Kemajuan tekonologi informasi (TI) begitu berkembang dengan cepatnya, belum lagi digunakan secara optimal sudah muncul produk TI yang baru dan lebih canggih. Pengguna kecanggihan TI mau tidak mau memaksa kita harus memilih strategi yang tepat, di dalam memutuskan penggunaan TI yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan, sekaligus mengantisipasi perkembangan TI masa mendatang. Bisa dikatakan perpustakaan sebagai pengelola sumber informasi mengalami kegalauan, disatu sisi dimana pemustaka baru mulai mengenal dan menggunakan TI, tetapi disisi lain, arus kemajuan TI begitu kuatnya memaksa perpustakaan untuk terus mengikuti perkembangannya.

Mengamati perkembangan TI di indonesia secara umum, kesadaran akan pentingnya TI sudah sangat berkembang luas. Secara sepintas dapat kita lihat perkembangannya di lembaga-lembaga pemerintah dan swasta sudah banyak diterapkan pengunaan TI sebagai alat bantu dalam menyelesaikan pekerjaan sehari-hari ataupun untuk memaksimalkan layanan yang dimiliki sebagai sebuah bentuk layanan prima pengguna.

(Baca juga: Sistem Layanan Perpustakaan)

Kenyataannya, walaupun TI sudah sangat berkembang di indonesia, masih cukup banyak hambatan yang dialami baik yang bersifat teknis maupun nonteknis. Salah satu hambatan yang bersifat teknis adalah SDM yang menguasai pengetahuan dasar TI belum merata. Sedangkan hambatan yang bersifat nonteknis dan dapat ditelusuri adalah pengetahuan dasar pengelolaan dokumen/informasi sebagai backup database, menajemen layanan informasi secara digital, manajemen informasi dalam suatu jaringan, pembakuan format dan titik akses informasi, peraturan-peraturan yang mendukung kegiatan jaringan informasi, strategi pemasaran, pemilihan informasi yang layak disajikan, dan kemasan yang digunakan.

Dampak dari globalisasi informasi yang melanda dunia pada saat ini mau tidak mau cukup membuat panik semua pihak yang belum siap menata informasi lokalnya, sehingga muncul perencanaan dan penataan sistem informasi yang tidak tuntas atau kurang pas antara sistem manual dan sistem elektroniknya. Perpaduan kedua sistem tersebut membutuhkan waktu yang tidak singkat dalam mensinkronkannya, butuh waktu dan pengambilan keputusan yang tepat agar tidak terjadi kesalahan di kemudian hari.

Untuk itu, perlu adanya terobosan atau jembatan penghubung antara sistem manual dan sistem elektronik yang direpresentatifkan dalam suatu perencanaan informasi secara makro dan rencana-rencana operasional (mikro) secara simultan dan berkesinambungan.

Untuk itu peranan kecepatan layanan informasi dengan menggunakan teknologi informasi multimedia dan teknologi informasi sebagai acuan untuk salah satu tujuan jangka panjang dari perencanaan makro tentang sistem informasi sangatlah penting untuk diperhatikan dan dilakukan.

Daftar Pustaka

Setiarso, Bambang. 1997. Penerapan Teknologi Informasi dalam Sistem Dokumentasi dan Perpustakaan. Jakarta: PT Grasindo.

Kecepatan Layanan Informasi Melalui Multimedia dan Teknologi


About Redaksi

Kirimkan Tulisan anda tentang semua hal yang berkaitan dengan Perpustakaan dalam bentuk Artikel, Berita, Makalah, Lowongan Kerja Pustakawan, Seminar Perpustakaan, atau yang lain yang berkaitan dengan dunia perpustakaan ke email Redaksi : bicaraperpustakaan@gmail.com | Dan Jika ingin jadi bergabung untuk menjadi PENULIS dalam situs ini silahkan mendaftar ke link berikut ini http://bicaraperpustakaan.com/wp-login.php?action=register

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *